Sungai yang melintasi Dusun Gongseng, Desa Pojokrejo, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, diduga tercemar limbah pabrik kertas yang ada di wilayah setempat.

Informasi yang dihimpun dari lokasi kejadian pada Kamis, tampilan warna air sungai di Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang, itu, berwarna hitam serta mengeluarkan bau menyengat. Tak hanya itu, jika terkena kulit akan menimbulkan gatal-gatal. 

Pencemaran sungai yang ada di Dusun Gongseng, Desa Pojokrejo, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang, sangat kentara saat debit air menyusut lantaran kemarau panjang.

Sepanjang aliran sungai mulai Desa Watudakon, lokasi pabrik diduga pembuang limbah cair hingga Desa Pojokrejo, Kecamatan Kesamben, Jombang, warna air tampak hitam keruh serta mengeluarkan bau menyengat. 

Waluyo, warga Dusun Gongseng, Desa Pojokrejo, menuturkan kondisi hitam dan keruhnya aliran air sungai yang melintas di sisi utara desa setempat itu sudah berlangsung sejak lama. 

Namun, kondisi tersebut tidak terlihat saat musim hujan karena debit air tinggi. Berbeda ketika musim kemarau, pencemaran limbah yang diduga dibuang ke sungai sangat kentara. 

"Sudah sejak lama kondisi seperti ini, ada tujuh hingga delapan tahunan sejak ada pabrik berdiri. Kalau kemarau kelihatan, warna airnya hitam dan baunya itu hampir sama dengan etanol. Kalau terkena kulit, efeknya gatal-gatal sampai sampai melepuh," kata Waluyo kepada ANTARA, Kamis.

Pria 45 tahun ini menduga pencemaran sungai yang melintas di Dusun Gongseng, Jombang, diduga disebabkan limbah dari pabrik kertas yang berdiri di sisi barat dusun setempat sekira 3 kilometer. 

Kusnan (60), warga lainnya, menceritakan beberapa tahun lalu sungai di sisi selatan dekat permukiman masyarakat juga pernah tercemar limbah pabrik. Warna air berubah jadi hitam serta mengeluarkan bau menyengat hampir sama dengan kondisi air di sungai saat ini. 

"Dulu sungai di sisi selatan dekat kampung (Dusun Gongseng) juga pernah tercemar limbah. Warga langsung demo ke pabrik, karena air sumur untuk minum terkena imbasnya juga. Kalau sungai di sisi utara ini kan agak jauh dari kampung," tutur Kusnan.

Ia berharap pemerintah setempat segera turun tangan mengatasi permasalahan tersebut agar tidak berimbas ke sumber air minum masyarakat. 

Selain itu, Kusnan juga meminta perusahaan-perusahaan yang nanti terbukti membuang limbah ke sungai di wilayah Kecamatan Kesamben, Jombang, Jawa Timur, untuk ditindak tegas.

Pewarta: Syaiful Arif

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019