Warga di kawasan pesisir selatan Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur, menyampaikan apresiasi positif kinerja Polri dan TNI dalam menjaga keamanan, sehingga rangkaian pemilu hingga pelantikan Presiden-Wakil Presiden Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan pengumuman kabinet Indonesia Maju 2019-2024 yang berjalan lancar dan kondusif.

"Ya, kami atas nama seluruh warga Trenggalek, warga Jatim, sangat mengapresiasi sinergitas kinerja keamanan yang dilakukan TNI dan Polri bersama seluruh elemen masyarakat sehingga rangkaian Pemilu 2019, hingga dilantiknya presiden/wakil presiden, hingga pengumuman kabinet Indonesia Maju, berjalan tertib, aman dan kondusif," kata tokoh Mustasyar Pimpinan Cabang NU Kabupaten Trenggalek, KH Mastur Ali di Trenggalek, Rabu.

Kendati sempat muncul sejumlah aksi terkait beberapa isu, namun hal itu tidak berkaitan langsung dengan rangkaian pemilu legislatif maupun pemilu presiden yang sudah berlangsung.

Sejumlah potensi ancaman sabotase, beberapa potensi gerakan massa yang disinyalir bertujuan menggagalkan prosesi pelantikan Presiden Joko Widodo, juga berhasil dideteksi dan dilakukan langkah-langkah pencegahan.

Gambaran stabilitas keamanan selama rangkaian pemilu hingga pelantikan dan pengumuman Kabinet Indonesia Maju 2019-2024 juga terlihat di Jatim, di Trenggalek dan sekitar khususnya.

Masyarakat beraktivitas normal. Bekerja layaknya sudah tidak ada lagi perselisihan karena ada beda dukungan calon presiden.

"Hal ini bisa dicapai atas kerja keras dan dedikasi tinggi dari seluruh personel yang terlibat pengamanan, dari TNI, Polri serta atas dukungan dari seluruh masyarakat dan stakeholder lainnya yang memiliki komitmen kuat merawat kesejukan, kedamaian dan keamanan di Trenggalek," tuturnya.

Apresiasi dan dukungan juga disampaikan sejumlah tokoh politik, tokoh masyarakat dan tokoh agama di daerah ini. Mulai dari unsur pimpinan DPRD, MUI, NU, Muhammadyah, komunitas masyarakat pesisir, kalangan pengusaha hingga sejumlah tokoh muda di Trenggalek.

"Situasi yang sudah baik ini harus dipertahankan, harus ditingkatkan. Kita dukung Polri untuk terus menjaga stabilitas dan kondusifitas wilayah. Kita dukung juga TNI menjaga NKRI, membangun pertahanan nasional berbasis persatuan bangsa, persatuan seluruh rakyat Indonesia di bawah Undang-undang Dasar 1945 dan Pancasila," kata Ketua PCNU Trenggalek KH Fatchullah.

Ia juga mengajak semua elemen masyarakat untuk mendukung pemerintahan yang baru dibawah kepemimpinan Joko Widodo dan Ma`ruf Amin untuk menuju Indonesia yang lebih maju.

Mastur Ali, Fatchulloh maupun Ketua DPRD Trenggalek Samsul Anam juga mengimbau kepada semua lapisan masyarakat untuk ikut serta melaksanakan dan mendukung pembangunan seutuhnya, sesuai dengan yang direncanakan oleh Presiden dan Wakil Presiden.

"Semoga Indonesia menjadi negara yang berkah. Negara yang Baldatun Toyyibatun Wa Rabbun Ghafur," ucap K.H. Mastur Ali.

Kapolres Trenggalek AKBP Jean Calvijn Simanjuntak mengucapkan terima kasih atas banyaknya apresiasi warga Trenggalek, menanggapi rangkaian pemilu hingga pelantikan Presiden/Wakil Presiden yang dinilai berjalan sesuai rencana.

"Alhamdulillah, tahapan terakhir yakni pelantikan presiden dan wakil presiden RI terpilih sudah selesai dan kondusifitas Kamtibmas di Trenggalek tetap terjaga dengan baik," ujar Jean Calvijn.

Menurutnya, sukses pengamanan wilayah itu, termasuk di Trenggalek dan sekitarnya, bisa dicapai berkat kerja keras dan dedikasi tinggi dari seluruh personel yang terlibat pengamanan. Baik dari unsur TNI, Polri maupun atas dukungan dari seluruh elemen masyarakat dan pemangku kepentingan lain yang terkait dan memiliki komitmen kuat merawat kesejukan, kedamaian dan keamanan di Trenggalek, katanya.

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019