PT Pertamina Marketing Operation Region (MOR) V memprediksi pada momen Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 akan terjadi kenaikan konsumsi BBM di wilayah itu sekitar 5 hingga 10 persen, atau sama dengan peringatan hari besar keagamanan lainnya.

"Secara umum belum kami hitung kenaikannya, namun kami pastikan tetap akan ada kenaikan, perkiraan 5 sampai 10 persen," kata Section Head Communication Relation Pertamina MOR V, Ghalihaji Wahada Hadipranata di Surabaya, Rabu.

Hadipranata usai acara pengundian Semarak Berkah Energi Pertamina yang berlangsung di Kantor Pusat Pertamina Jalan Jagir Surabaya mengatakan, MOR V yang mempunyai kewenangan wilayah Jatim, Bali dan Nusa Tenggara selalu siap apabila ada penugasan dari pusat terkait penyaluran BBM.

"Untuk akhir tahun, kami akan menyalurkan seusai penugasan dengan kapasitas kuota yang telah ditentukan, dan tetap mendorong masyarakat untuk menggunakan bahan bakar khusus," katanya.
 
Pjs. Unit Manager Communication & CSR MOR V Jatimbalinus, Rusminto Wahyudi (kanan) memberikan secara simbolis satu unit sepeda motor Yamaha NMAX ABS kepada pemenang undian program Berkah Energi Pertamina 2019 di Surabaya, Rabu (16/10/2019). ANTARA Jatim/Abdul Malik

Sebelumnya, pada Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 Pertamina MOR V telah membentuk Satuan Tugas (Satgas) yang bertugas memantau konsumsi BBM di beberapa titik, khususnya tempat wisata dan jalur padat yang dilalui masyarakat yang ingin menikmati libur Natal dan Tahun Baru.

Pada saat itu, konsumsi BBM jenis premium, pertamax, pertamax turbo terjadi kenaikan 1 persen, dari rata-rata konsumsi harian yang mencapai 2594 Kilo Liter per hari.

Sedangkan untuk konsumsi jenis gasoil seperti solar, dexlite serta Pertamina dex terjadi penurunan sekitar empat persen, karena kendaraan yang mengkonsumsi BBM jenis tersebut seperti truk jarang beroperasi pada saat Natal dan Tahun Baru.

Sementara itu, Semarak Berkah Energi Pertamina adalah program reward dari Pertamina untuk konsumen loyal produk Pertamina yang dijalankan sejak Agustus 2018.

Di Surabaya dan Mojokerto, ada lima orang yang berhasil memenangkan undian nasional tersebut, di antaranya adalah Yanuardi, Heroik Jacub, Dwi Indah, Ali Rachman yang berhasil memenangkan Yamaha NMAX ABS dan Irfan Hardiansyah yang berhasil memenangkan Toyota Innova Diesel.

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019