Minarak Brantas Gas bersama dengan Bakrie Amanah memberikan pelayanan pengobatan gratis di empat desa di Kecamatan Porong, Sidoarjo, Jatim dengan menggunakan layanan mobil sehat keliling.

Pengobatan gratis itu dilakukan di masing-masing balai desa setempat dengan menerjunkan belasan tenaga medis. Kegiatan sosial ini juga menurunkan satu unit layanan mobil sehat keliling milik Bakrie Amanah.

"Pelayanan kesehatan ini sangat membantu, apalagi di desa kami masih banyak ibu hamil usianya di atas 35 tahun dan awam masalah kehamilan dan USG," kata Dewi Purwati warga Desa Kedungboto, Kamis.

Kepala Desa Kedungboto Yusuf menambahkan, pengobatan gratis sangat dirasakan manfaatnya oleh warga, terutama bagi ibu-ibu hamil.

"Harapan kami ke depannya kegiatan seperti ini bisa dilakukan lagi dengan jumlah penerima manfaat lebih banyak lagi," kata Yusuf.

Manager Public Relations Minarak Brantas Gas Arief Setyo Widodo mengatakan, program pelayanan kesehatan gratis ini merupakan program corporate social responsibility (CSR) yang dilakukan perusahaan pengeboran gas tersebut. Kegiatan serupa juga sudah pernah dilakukan sebelumnya di Desa Kedungbanteng, Kalidawir, Penatarsewu dan Banjarasri Kecamatan Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo.

"Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat besar bagi masyarakat desa serta pihak Minarak Brantas Gas dan Bakrie Amanah," kata Arief.

Ia mengatakan, pengobatan gratis hari pertama digelar Rabu (9/10) di Desa Kedungboto dan Pesawahan dan hari kedua dilakukan pada Kamis, di Desa Candipari dan Wunut.

"Ratusan warga menyambut antusias pelayanan pengobatan gratis ini, dimana warga berdatangan untuk memeriksakan kesehatannya, mulai dari cek tensi darah, diabetes, gigi, dan sejumlah keluhan penyakit lain," katanya.

Menurutnya, pengobatan gratis ini juga ada pelayanan pemeriksaan ultrasonografi (USG) bagi ibu-ibu hamil untuk memantau pertumbuhan janin terutama ibu hamil yang menderita diabetes, hipertensi, atau komplikasi medis lainnya.

Ia menambahkan, program pengobatan gratis ini juga merupakan bagian dari roadshow mobil sehat keliling Pulau Jawa milik Bakrie Amanah.

"Pengobatan gratis ini juga melibatkan tim medis rumah sehat Baznas Sidoarjo, Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) Sidoarjo serta perangkat desa di lokasi pengobatan," katanya. (*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019