Ajang balap sepeda etape kedua International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) 2019 di Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis, merupakan rute terpanjang yang harus ditempuh para pebalap dari 23 negara.

Etape kedua ITdBI mengambil start dari kawasan Pantai Pancur, Taman Nasional Alas Purwo, dan finis di depan kantor Pemerintah Kabupaten Banyuwangi dengan jarak tempuh 148,2 kilometer.

Baca juga: Batmunkh Maral menangi etape pertama Internasional Tour de Banyuwangi Ijen (Video)

Chairman International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) Guntur Priambodo memprediksi perlombaan balap sepeda etape kedua hari ini akan tetap berlangsung seru.

Meskipun pada etape pertama ITdBI 2019 pebalap asal Mongolia, Batmunkh Maral Erdene, berhasil menjuarai dan sekaligus menyabet yellow jersey, namun hal itu tidak menjamin bisa mempertahankannya.

"Walaupun di etape pertama Batmunkh Maral memegang yellow jersey dan green jersey, dia tidak memenangi raja tanjakan (king of mountain). Padahal rute ITdBI didominasi tanjakan, saya memprediksi akan ada pergantian yellow jersey hari ini," kata Guntur.

Batmunkh Maral menjadi juara etape pertama ITdBI pada Rabu (25/9/19) kemarin, setelah adu sprint, 100 meter menjelang finis, dan hingga akhirnya Batmunkh merebut posisi terdepan,  mengungguli Hucker Robbie (Team Ukyo) dan Ewart Jesse (Sapura).

Pada pertadingan etape pertama Rabu kemarin, raja tanjakan (polkadot jersey) diraih Marcos Garcia Fernandez asal Spanyol (Kinan Cycling Team), sedangkan Indonesian Rider (jersey merah putih) disabet Selamet Juangga dari Tim KFC.

Video Oleh Novi Husdinariyanto

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019