Batmunkh Maral-Erdene, pebalap nomor 113 dari Terangganu Inc TSG Cycling (Malaysia) memenangi etape pertama ajang balap sepeda Internasional Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) 2019 yang berlangsung di Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu.

Pebalap asal Mongolia ini berhasil mencatatkan waktu 3 jam 03 menit 36 detik, dengan jarak tempuh sejauh 133,2 kilometer etape pertama ITdBI 2019, start dari RTH Maron Kecamatan Genteng dan finis kantor Pemkab BanyuwangI.

Selanjutnya disusul posisi kedua pebalap Hucker Robbie dari Team UKYO (Jepang), serta pebalap Ewart Jesse dari Team Sapura Cycling (Malaysia).

Batmunkh Maral, pebalap asal Mongolia, mengatakan, dirinya telah mempersiapkan kemenangan pada etape pertama ITdBI 2019.

"Di negara saya sangat dingin dan di sini panas, saya suka. Dan saya telah mempersiapkan untuk memenangkan kompetisi ITdBI etape pertama," kata Maral.

Etape pertama ajang balap sepeda Internasional Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) mengambil start dari RTH Maron Kecamatan Genteng dan finis kantor Pemkab Banyuwangi.

Sebanyak 89 pebalap dari puluhan negara pada etape satu dilepas dari start pada pukul 10:00 WIB. Dan pada kilometer 45 tepatnya Desa Benculuk, Kecamatan Cluring, pebalap Batmunk Maral-Erdene telah unggul atau memimpin rombongan balap sepeda lainnya.

Dan pada kilometer 63,3 di Kecamatan Rogojampi, Batmunk Maral berada di posisi kedua dan diungguli Ewart Jesse dan hingga finis Pebalap Batmunk Maral berhasil memenangkan etape pertama ITdBI 2019.

Etape satu ini banyak lintasan flat, ada tiga titik sprint bagi para sprinter untuk mencuri point. Ketiga titik sprint tersebut ada di kilometer 45,8, kilometer 63,3 dan kilometer 103,2 Kecamatan Rogojampi.

Di Desa Sragi, Kecamatan Songgon, pebalap juga melintasi rute tanjakan di kilometer 80,6, tingkat elevasinya mencapai 425 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Selain Desa Sragi, juga teedapat tanjakan di kilometer 123,3 tepatnya di Desa Grogol, Kecamatan Licin dengan ketinggian 240 mdpl.

Pada etape kedua ITdBI, yang akan digelar Kamis 26 September 2019, para raider ini akan kembali bertanding dan akan menempuh rute lebih jauh yakni 148,2 kilometer.

Etape kedua ini akan start dari Pantai Pancur di kawasan Taman Nasional Alas Purwo dan finis di depan kantor Pemkab Banyuwangi.

Video Oleh Novi Husdinariyanto 
 

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019