Petugas Kepolisian Resor Kota Sidoarjo Jawa Timur meresmikan kampung tertib lalu lintas yang ada di Perumahan Kemiri Indah, Desa Kemiri, Kabupaten Sidoarjo, guna  memperluas upaya tertib lalu lintas kepada masyarakat.

Kepala Kepolisian Resor Kota Sidoarjo Komisaris Besar Polisi Zain Dwi Nugroho saat dikonfirmasi di Sidoarjo, Jumat mengatakan, kampung tertib lalu lintas ini diluncurkan dengan tujuan peningkatan tertib lalu lintas di masyarakat.

"Karena saat ini banyak masyarakat yang kesadaran berlalulintasnya sudah mulai menurun," katanya saat dikonfirmasi di sela kegiatan di Sidoarjo.

Ia menjelaskan, kesadaran berlaku lintas memang harus dikenalkan sejak dari diri sendiri dan juga lingkungan kampung, supaya saat berkendara di jalan raya menjadi lebih aman dan nyaman.

"Karena dalam catatan kami sebagian besar pengendara di jalan raya yang mengalami kecelakaan adalah kaum milenial yang berusia antara 17 sampai dengan 35 tahun," katanya.

Untuk itu, kata dia, dengan hadirnya kampung lalu lintas ini bisa memberikan efek positif kepada masyarakat karena di kampung ini juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti tempat berlatih untuk kendaraan roda dua.

"Sehingga masyarakat bisa mencoba tempat latihan ini, karena bentuknya sama dengan yang dimiliki oleh Polresta Sidoarjo," katanya.

Sementara itu, Ketua RT 20 / RW 05 Desa Kemiri Sunarto mengatakan, jika warganya begitu bersemangat dalam membuat kampung tertib lalu lintas. Keluar rumah saja meskipun dekat jika naik motor, warga di sini wajib memakai helm SNI.

"Banyak aturan tata tertib lalu lintas yang kami tekankan ke warga, alhamdulillah semua sepakat dan akhirnya kita bisa wujudkan kampung sini sebagai Kampung Tertib Lalu Lintas," ujarnya.

Pada acara Deklarasi Kampung Tertib Lalu Lintas, di Desa Kemiri RT 20/05, juga dihadiri Forkopimda Kabupaten Sidoarjo dan Forkopimka setempat. Dimeriahkan dengan berbagai pertunjukan seperti penampilan musik patrol, marching band Pocil Polresta Sidoarjo, praktek uji SIM, peresmian Taman Tertib Lalu Lintas, dan lainnya. (*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019