Taman Safari Prigen mengajak pelajar Surabaya mencintai satwa sejak dini melalui program edukasi roadshow Animal Goes to School (AGTS) 2019 di SD Yamastho Surabaya, Sabtu, sebagai upaya melestarikan satwa yang dilindungi.

"Diadakannya AGTS ini bertujuan mengajak pelajar untuk mencintai satwa-satwa yang dilindungi. Sekaligus memberikan kontribusi dalam kegiatan konservasi dan edukasi kepada seluruh lapisan masyarakat,” kata Area General Manager Taman Safari Prigen dan Baobab Safari Resort, Diaz Yonadie, ketika pembukaan roadshow AGTS.

Dalam kegiatan AGTS 2019, terdapat beberapa aktivitas edukasi, di antaranya keeper talk hingga penampilan pertunjukan ketangkasan empat ekor anjing poodle. Juga dihadirkan beberapa satwa yang menjadi koleksi seperti burung macaw dan reptil.

Manager Edukasi Taman Safari Prigen Eko Windarto mengatakan, seiring perkembangan zaman dan kemajuan teknologi, pihaknya berupaya memperbarui metode edukasi dan sosialisasi agar senantiasa efektif dan tepat sasaran.

"Berbagai lapisan masyarakat terutama dalam dunia pendidikan, diundang dan terus menerus diberi asupan mengenai pentingnya konservasi bagi lingkungan hidup dan manusia sendiri," kata Eko Windarto.

AGTS diharapkan mampu memberikan pendidikan dan penyuluhan mengenai satwa, khususnya untuk siswa-siswa sekolah, tidak hanya sekolah di sekitar Taman Safari Prigen, namun juga ke sejumlah sekolah di Jawa Timur.

Taman Safari Prigen berharap seluruh lapisan masyarakat mulai mencintai lingkungan khususnya satwa-satwa langka Indonesia dan ikut menjaga kelestarian alam bersama.

"Hal tersebut bisa dimulai melalui proses pembelajaran di sekolah. Sehingga penting untuk mengetahui bagaimana menjaga kelestarian lingkungan dengan konservasi serta dampak negatif yang akan timbul akibat tindak tanduk manusia yang salah terhadap lingkungan," ujar Eko.

Sementara itu, Kepala SD Yamastho Surabaya Alfiyah menyambut baik kegiatan AGTS 2019 yang digelar Taman Safari Prigen di sekolahnya dan berharap kegiatan seperti ini terus berlanjut pada tahun-tahun mendatang.

"Tentu sangat senang dan bangga sekolah kami didatangi. Bahkan anak-anak menunggu hari ini. Kegiatan ini sangat baik untuk mendidik para siswa menyayangi satwa dan pembelajaran IPA untuk mengenal langsung satwa," ujarnya.

Video Oleh Hanif Nashrullah
 

Pewarta: Willy Irawan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019