Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar berharap sinergitas yang terbangun antara pemerintah kota dengan DPRD selama ini bisa tetap terjalin baik demi pembangunan di kota ini.

"Pada hari ini anggota DPRD Kota Kediri masa jabatan 2019-2024 telah mengucapkan sumpah atau janj, secara otomatis anggota DPRD Kota Kediri masa jabatan 2014-2019 telah berakhir. Untuk itu saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas pengabdian dan jasa-jasanya selama menjadi anggota DPRD Kota Kediri," katanya saat pelantikan DPRD Kota Kediri 2019-2024 di gedung DPRD Kota Kediri, Jawa Timur, Rabu.

Mas Abu, sapaan akrab Abdullah Abu Bakar, mengharapkan kepada anggota DPRD Kota Kediri yang terpilih kembali mempertahankan keberhasilannya. Selama lima tahun menjabat sebagai anggota DPRD Kota Kediri sebelumnya, tentunya banyak pengalaman yang dimiliki, baik dalam hal menampung aspirasi masyarakat, perumusan kebijakan dan peraturan daerah maupun strategi dan prioritas pembangunan Kota Kediri.

Sementara untuk anggota DPRD Kota Kediri yang baru terpilih, dirinya berharap bahwa perjuangan telah menanti demi pembangunan Kota Kediri.

"Bersama seluruh jajaran birokrasi, eksekutif, dan para pemangku amanah untuk terus bersinergi menggerakkan berbagai program dan kegiatan pembangunan. Harapan saya, keberhasilan yang telah dicapai oleh anggota DPRD masa jabatan 2014-2019 dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan dan lahir inovasi-inovasi baru demi kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat Kota Kediri," kata dia.

Ia juga berharap, anggota DPRD masa jabatan 2019-2024 bergegas menyusun strategi dan melaksanakan berbagai program, dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan kemajuan Kota Kediri. Semua anggota DPRD juga dapat merangkul dan menggugah partisipasi seluruh masyarakat sehingga aspirasi masyarakat dapat diwujudkan melalui pembangunan daerah.

"Saya meyakini dengan berbekal semangat, kerja keras, kerja cerdas, serta didukung dengan kemampuan dan pengalaman, seluruh anggota DPRD, Insya Allah dapat memenuhi harapan masyarakat," kata Mas Abu.

Wali Kota juga sempat membacakan sambutan Gubernur Jawa Timur yang diterimanya bahwa terselip harapan dengan terbentuknya anggota DPRD Kota Kediri yang baru dapat membawa aspirasi masyarakat lebih baik lagi.

Anggota DPRD yang baru nantinya dapat membawa aspirasi masyarakat lebih baik dan hasil pembangunannya dapat dirasakan oleh masyarakat luas sehingga membawa Kota Kediri menjadi semakin maju, sejahtera dan bermartabat, serta mampu merealisasikan kemandirian ekonomi dengan selalu memperhatikan budaya dan kearifan lokal.

Sementara itu, Ketua sementara DPRD Kota Kediri Agus Sunoto mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kota Kediri karena telah memberikan kepercayaan dan doa restu kepada anggota DPRD Kota Kediri untuk berkarya membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Kediri.

"Kami mengajak teman-teman DPRD agar benar-benar bekerja secara maksimal memperjuangkan aspirasi masyarakat. Sudah seharusnya memperjuangkan nasib mereka sesuai dengan tugas dan wewenang anggota DPRD. Disamping itu kami juga menjalin hubungan kerjasama yang baik dengan semua pihak karena tujuan yang akan kita capai tidak mungkin berhasil tanpa dukungan dari pemerintah daerah dan semua unsur masyarakat yang ada," kata Sunoto.

Sunoto juga mengajak rekan-rekan anggota DPRD Kota Kediri untuk bekerja dengan disiplin dan memiliki semangat tinggi. Sebagai lembaga perwakilan rakyat daerah mengemban fungsi-fungsi penyusunan dan penetapan kebijkasanaan publik bersama pemerintah daerah. Apalagi telah banyak tugas-tugas yang harus segera dilaksanakan.

Beberapa kegiatan itu antara lain memilih pimpinan definitif, menyusun tata tertib DPRD, membentuk komisi-komisi, badan musyawarah, badan anggaran, badan kehormatan dan alat kelengkapan lain.

Dalam kegiatan ini, juga dilakukan penyerahan palu dan buku memori yang menandai pergantian dari pimpinan DPRD Kota Kediri yang lama kepada pimpinan sementara DPRD Kota Kediri.

Hadir dalam kegiatan ini Sekretaris Kabinet Republik Indonesia Pramono Anung, Wakil Wali Kota Kediri Lilik Muhibbah, Forkopimda Kota Kediri, Sekretaris Daerah Kota Kediri Budwi Sunu, Sekretaris DPRD Kota Kediri Rahmad Hari Basuki, Ketua TP PKK Kota Kediri Ferry Silviana Abu Bakar, anggota DPRD Kota Kediri masa jabatan 2014-2019, dan tamu undangan lainnya.

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019