PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III berencana mengirimkan sumber daya manusianya ke Malaysia, dalam kerja sama pendidikan dan pelatihan pegawai operasional dengan Pelabuhan Johor di Malaysia.

Direktur Utama Pelindo III Doso Agung, dalam keterangan persnya di Surabaya, Minggu mengatakan, dipilihnya Malaysia karena keberadaan Pelabuhan Johor di wilayah itu merupakan gerbang logistik di selatan yang terintegrasi untuk berbagai komoditas (integrated multi-purpose) seperti peti kemas, curah cair dan kering.

"Kerja sama ini juga merupakan respon cepat Pelindo III sesuai arahan Presiden Joko Widodo untuk menyiapkan SDM yang unggul dan menjadi pemain bisnis di level global," katanya.

Respon itu, kata dia, salah satunya diaplikasikan dengan menjalin kerja sama pendidikan dan pelatihan bersama Johor Port Skill Center, yang juga pengelola pelabuhan besar di Asia Tenggara.

Ia mengatakan, para port manager dan port supervisor di terminal Pelindo III akan diseleksi untuk mengikuti program pelatihan tersebut.

"Total akan ada 11 batch, yakni 7 batch untuk port supervisor dan 4 batch untuk port manager. Durasi setiap batch akan ditempuh selama 1 bulan untuk class training (pendidikan) dan on job training (magang) di Pelabuhan Johor," katanya.

Setiap batch, kata dia, terdiri dari 12 pegawai yang dipilih dengan seleksi yang didasarkan pada hasil assesmen, kinerja, dan catatan disiplin.

Direktur SDM Pelindo III Toto Heliyanto mengatakan, para pegawai yang dikirim ke Malaysia akan memulai dengan kunjungan ke Pelabuhan Johor dan Pelabuhan Tanjung Pelepas.

Sementara itu beberapa keterampilan yang akan dieksplorasi yaitu tentang kemampuan pengawasan operasional pelabuhan, baik untuk operasional general cargo dan peti kemas.

"Untuk waktunya akan dilakukan segera, dan selain itu para peserta pelatihan juga akan meningkatkan pemahaman tentang aspek-aspek legal pada operasi pelabuhan dalam perspektif bisnis internasional," katanya.

Perserta, nantinya juga akan mengenal para pemangku kepentingan yang terlibat di dalamnya, tujuannya untuk menyiapkan SDM unggul yang berwawasan global, sehingga bisa mendorong ekspansi bisnis Pelindo III di masa depan.
 

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019