Global Qurban-Aksi Cepat Tanggap (ACT) telah selesai mendistribusikan manfaat kurban ke berbagai wilayah di Indonesia dan puluhan negara pada 2019, dan tahun berikutnya lembaga ini siap untuk menditribusikan lebih banyak manfaat kurban. 

Direktur Komunikasi Aksi Cepat Tanggap, Lukman Azis Kurniawan, dalam keterangan tertulis yang diterima di Surabaya, Sabtu, mengemukakan pencapaian ini diperoleh berkat sinergi dari mitra, komunitas, e-commerce, dan para stakeholders sehingga amanah kurban mampu membahagiakan jutaan masyarakat. 

"Total keseluruhan program Dermawan Berqurban 2019 ini telah mendistribusikan 35.290 ekor setara kambing, di 34 provinsi, 251 kota/kabupaten di Indonesia hingga ke-37 negara," katanya.

Menurut dia, komposisi sebaran kurban di dalam negeri sebanyak 14.234 ekor setara kambing, sementara distribusi di luar negeri sebanyak 21.056 ekor setara kambing. 

"Dalam implementasinya, Global Qurban-ACT memprioritaskan distribusi daging kurban di dalam negeri kepada lokasi bencana kekeringan, bencana alam, dan kemiskinan. Untuk di luar negeri di wilayah yang mengalami konfik kemanusiaan, korban perang, dan kelaparan,” kata Lukman Azis, menjelaskan.

Sementara itu, Hafit T Mas’ud, selaku Presiden Global Qurban menyampaikan rasa syukur terkait capaian yang telah diselesaikan oleh Global Qurban pada Iduladha 1440 H. 

“Alhamdulillah, Allah telah mudahkan urusan kami, semoga amal kebaikan ini Allah curahkan untuk lembaga dan kita semua. Terima kasih atas segala doa dan dukungan luar biasa dari para manajemen ACT dan para stakeholder semua. Satu amal sudah kita tuntaskan, Insya Allah kita segera menjemput amanah lembaga dan amanah Allah yang lain dan segera kita berganti dengan tugas dan amanah  yang lain,” ucapnya.

Sebagai lembaga pengelola kurban profesional, katanya, Global Qurban (GQ)–ACT  terus berkomitmen untuk meluaskan maslahat kurban lewat berbagai macam program inovatif. Global Qurban berupaya menghadirkan lebih banyak kemudahan berkurban, sehingga, Iduladha mendatang bisa terus menjadi sarana elaborasi persaudaraan yang baik antara pekurban dan penerima daging kurban.

Hafit menambahkan, Global Qurban akan terus  memfasilitasi dengan inovasi-inovasi produk kurban dan pelayanan kurban terbaik para dermawan yang sudah sadar bahwa kurban harus yang terbaik karena didedikasikan sebagai bukti ketaatan kepada Allah.

” Dengan pengelolaan yang profesional, GQ-ACT pun menargetkan distribusi di tahun 2020 bisa menyebarkan manfaat lebih luas. Ekspansi distribusi nantinya menjadi bentuk aksi nyata terhadap krisis pangan yang tidak hanya terjadi di Indonesia, namun juga negara-negara muslim lainnya yang sedang dirundung krisis kemanusiaan," katanya.

Berdasarkan pengalaman tahun ini, kata Hafit,  GQ-ACT  akan berusaha untuk menjangkau lebih banyak daerah dan masyarakat yang membutuhkan. (*)
 

Pewarta: SHP

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019