PT Semen Indonesia (Persero) Tbk memperoleh penghargaan Good Mining Practice dari Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jawa Tengah atas praktik penambangan ramah lingkungan yang dilakukan di Pabrik Rembang dan Pabrik Cilacap.

Kepala Departemen Komunikasi Perusahaan Semen Indonesia Sigit Wahono, dalam keterangan persnya yang diterima di Surabaya, Kamis mengatakan Pabrik Rembang meraih penghargaan Terbaik 1 kategori pertambangan skala besar, dan Pabrik Cilacap, milik PT Solusi Bangun Indonesia Tbk meraih penghargaan terbaik 2 pada kategori yang sama.

Ia mengatakan, penghargaan Good Mining Practice merupakan apresiasi terhadap keberhasilan perseroan dalam pengelolaan aktivitas pertambangan. 

Perseroan dinilai telah memenuhi semua persyaratan yang ditetapkan, di antaranya meliputi kelengkapan dokumen administrasi, teknis pelaksanaan hingga aspek lingkungan.

Dalam pengelolaan tambang di Pabrik Rembang, kata dia, perseroan menerapkan praktik Zero Run Off, dimana air tidak langsung mengalir, namun tertahan di lahan tambang dan terserap oleh tanah sehingga sangat ramah lingkungan.
 
Perseroan juga telah melakukan beberapa program pengelolaan lingkungan di area tambang dan pascatambang.

Tercatat, sampai dengan tahun 2018 perseroan telah menanam 22.000 pohon di kawasan tambang Pabrik Rembang. 

Sementara di Pabrik Cilacap, perseroan juga telah melakukan penanaman 30.770 pohon di lahan pascatambang batu kapur seluas 51.76 hektare 

Dari aspek keselamatan, perseroan juga menerapkan standar operasional tambang yang ketat, dan secara rutin melaporkan kegiatan pertambangan kepada pemerintah sesuai ketentuan peraturan yang berlaku. 

"Penghargaan ini menjadi motivasi bagi Semen Indonesia untuk terus meningkatkan kualitas pengelolaan tambang serta pengelolaan lingkungan tambang yang berkelanjutan. Kami berkomitmen menerapkan kaidah industri hijau dalam setiap operasionalnya," katanya.
 

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019