M Ali Affandi terpilih sebagai Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Surabaya periode 2019-2024 secara aklamasi dalam Musyawarah Kota (Muskota) VI yang berlangsung di Surabaya, Rabu.

Ali Affandi yang sebelumnya menjabat Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jawa Timur, menggantikan Ketua Kadin Surabaya sebelumnya yakni Jamhadi, yang telah habis masa jabatannya.

Hasil Muskota VI Kadin Surabaya itu, juga memutuskan lima orang terpilih sebagai tim formatur yaitu Ketua terpilih Kadin Kota Surabaya Ali Affandi, Reni Widya Lestari dari Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia Surabaya, Satria Wicaksono dari HIPMI, serta Bahrum dan M Alyas perwakilan dari Kadin Surabaya.

Tim formatur akan memilih kepengurusan Kadin Surabaya periode 2019-2024 dalam jangka waktu satu bulan.

Ali dalam sambutannya berkeinginan memajukan Kadin dan ekonomi Surabaya, dan ini semua sangat tergantung pada seluruh elemen dan pemegang kebijakan yang ada di Kota Surabaya, mulai dari pengusaha hingga Pemerintah Kota Surabaya.

"Untuk itu, hal pertama yang akan kami lakukan adalah melakukan silaturahmi kepada stakeholder, mulai dari Pemkot Surabaya, Kepolisian, Kejaksaan, pelaku usaha hingga kalangan akademisi," katanya.

Sebab, kata dia, untuk membangun ekonomi Surabaya lebih maju dibutuhkan kolaborasi atau kerja sama.

"Saya juga akan melakukan konsolidasi internal dan berusaha membangun visi dan misi yang bisa diterima seluruh pihak," katanya.

Andi mengatakan, tantangan Surabaya ke depan sangat komplek, sebab tahun 2020 akan terjadi krisis global. Untuk itu Surabaya harus menguatkan diri dan membentengi para pengusaha agar tetap berdaya dan berjaya.

"Saya siap melayani dan siap mengabdi di Kadin Surabaya demi kemajuan bersama," katanya, menegaskan.

Ketua Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (Iwapi) Kota Surabaya Reni Widya Lestari mengatakan dengan terpilihnya Andi sebagai ketua umum Kadin Surabaya, ia menaruh harapan besar untuk kemajuan Kadin ke depan dan Kota Surabaya pada umumnya, sebab Andi adalah sosok yang cakap dan sangat energik.

"Orangnya masih muda dan semangat menyala-nyala, program yang diungkapkan cukup memenuhi syarat dalam hal kepemimpinan, dimana pengusaha harus bergerak lebih cepat lagi," katanya

Wakil Ketua Umum Kadin Jatim, Adik Dwi Putranto berharap, terpilihnya Andi sebagai Ketua Umum Kadin Surabaya bisa mampu merangkul asosiasi dan pengusaha seluruh Surabaya.

"Bagaimana pertumbuhan ekonomi Surabaya bisa maju bersama Kadin," katanya.

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019