Pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga mendorong anak-anak muda Indonesia dan khususnya di Kota Batu, Jawa Timur, untuk mulai berwirausaha dan menggerakkan roda perekonomian daerah.

Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga Asronun Ni'am Sholeh mengatakan bahwa berbicara pada tingkat nasional, ada kurang lebih sebanyak 62 juta atau sebanyak 24 persen dari total penduduk Indonesia merupakan anak muda.

"Sementara untuk Kota Batu, ada kurang lebih 220 ribu penduduk, dengan anak muda pada angka 50 ribu orang. Kami mendorong, mereka untuk berwirausaha," kata Asronun, dalam Festival Kampung Berseri Astra, di Kota Batu, Jawa Timur, Sabtu.

Asronun mengatakan, anak-anak muda Indonesia, perlu diberikan dorongan untuk berwirausaha. Hal tersebut mengingat, jumlah wirausahawan di Indonesia, jika dibandingkan dengan negara maju masih perlu ditingkatkan.

Rata-rata, lanjut Asronun, di negara-negara maju, sebanyak 10-14 persen merupakan para pengusaha. Namun, di Indonesia, wirausahawan baru tercatat sebanyak 3,06 persen dari total jumlah penduduk yang sebanyak 265 juta orang.

"Baru ada kurang lebih delapan juta orang yang menjadi wirausahawan, masih butuh 4-5 juta lagi," kata Asronun.

Dengan potensi anak muda di Indonesia yang mencapai 62 juta jiwa tersebut, Asronun mendorong mereka untuk berani berwirausaha. Jumlah angkatan muda di Indonesia, merupakan potensi dan akan menjadi bonus demografi.

Namun, lanjut Asronun, jika anak-anak muda tersebut tidak diberikan pembekalan, pengalaman, dan pelatihan maka bisa dimungkinkan mereka akan lebih memilih menjadi kelas pekerja, dibandingkan menjadi seorang wirausahawan.

"Tetapi, jika tidak diberikan bekal secara memadai, maka potensi yang seharusnya bisa menjadi nilai tambah untuk percepatan pembangunan, justru menjadi beban," ujar Asronun.

Pemerintah saat ini tengah berupaya untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia yang salah satunya fokus pada bidang kewirausahaan, setelah sebelumnya menggenjot pembangunan infrastruktur.

Dengan infrastruktur yang memadai, dan SDM Indonesia memiliki daya saing tinggi, diharapkan Indonesia bisa menjadi negara maju dalam waktu yang tidak terlalu lama lagi.

Pewarta: Vicki Febrianto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019