Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya Abdul Chalik menyebut senator Ahmad Nawardi layak maju sebagai calon wali kota pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Surabaya tahun 2020.

Dia menilai Ahmad Nawardi cukup dikenal di level akar rumput Kota Surabaya karena pernah menajabat sebagai ketua rukun tetangga (RT) dan rukun warga (RW), masing-masing selama dua periode, di lingkungan tempat tinggalnya, Kelurahan Bulak Banteng, Kecamatan Kenjeran, Surabaya, serta hingga kini masih dikenal sebagai Ketua Forum RT/ RW Kota Surabaya.

"Selain dikenal oleh masyarakat di tingkat akar rumput, Ahmad Nawardi juga telah berpengalaman di tingkat nasional," katanya kepada wartawan di Surabaya, Selasa malam.

Nawardi semula dikenal sebagai jurnalis. Kemudian meniti karir politik melalui Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan sempat terpilih menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Timur periode 2009 - 2014.

Setelah itu Ahmad Nawardi mencalonkan diri menjadi senator dan terpilih sebagai anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dari wilayah Provinsi Jawa Timur periode 2014 - 2019, serta terpilih kembali untuk periode kedua tahun 2019 - 2024 melalui pemilihan umum (Pemilu) yang berlangsung belum lama lalu.

Chalik menilai, dengan berbagai pengalaman tersebut, sepak terjang Ahmad Nawardi di tingkat nasional tidak perlu diragukan lagi.

"Jika kiprahnya di level nasional bagus, tentu sangat bisa diandalkan jika kelak mengelola Kota Surabaya," ucapnya.

Pewarta: Hanif Nashrullah

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019