Akademi Penerbang Indonesia Banyuwangi (API Wangi) matangkan untuk masuk menjadi anggota di Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (International Civil Aviation Organization/ ICAO).

Dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Banyuwangi, Senin, menyebutkan Direktur API Wangi Genny Luhung Prasojo melakukan pertemuan dengan Atase Perhubungan RI di Montreal Kanada, Afen Sena serta Mr. Vic VD Westhuizen yang merupakan Senior Civil Aviation and Air Navigation Consultant, dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan Akademi Penerbang Indonesia Banyuwangi.

Pertemuan yang berlangsung sejak 27 hingga 29 Juli 2019 tersebut, dilakukan dalam rangka API Wangi yang akan turut serta dalam keanggotaan Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (International Civil Aviation Organization/ICAO).

Pertemuan untuk keanggotaan API Wangi di ICAO ini berlangsung di Gedung Operasional II API Wangi, dan dalam pertemuan tersebut dilakukan pemaparan terkait TrainAir Plus Programme yang akan diikuti oleh API Wangi.

Selama tiga hari itu pula, Kepala Sub Bagian Administrasi Akademik dan Ketarunaan API Wangi, Adolf Andrea Marantika bersama tim yang beranggotakan para Flight Instructor API Wangi melakukan pengecekan dokumen yang telah disusun selama tiga bulan sebelumnya didampingi oleh Mr. Vic VD Westhuizen.

Dokumen yang telah disusun antara lain seperti prosedur pelatihan manual, garis besar kursus pelatihan, sistem manajemen keselamatan manual dan kualitas kontrol yang dibutuhkan untuk kemudian dinilai berdasarkan standart ICAO.

Adapun hasil dari pertemuan tersebut, nantinya API Wangi akan terverifikasi secara internasional dalam menjadi keanggotaan ICAO TrainAir Plus Programme.

Selain itu, dalam pertemuan tersebut juga dilakukan pembahasan terkait peringkat kelas pesawat amfibi, oleh Mr. Vic VD Westhuizen, yang mana API Wangi dalam hal ini juga berencana membuka program studi D3 Seaplane Waterbase (pangkalan air pesawat laut).

Direktur API Wangi Genny Luhung Prasojo menyampaikan terima kasih kepada Bapak Afen Sena dan Mr. Vic VD Westhuizen atas kunjungannya di API Wangi, beserta para tim yang telah bekerja keras untuk kesuksesan API Wangi menjadi anggota dari ICAO. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019