Pedagang pernak-pernik perayaan Agustusan di Kampung Bendera yang berlokasi di kawasan Darmokali, Surabaya, meraup untung besar dari penjualan dagangannya yang laris manis menjelang peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI.

Sejina, salah satu pedagang pernak-pernik di Kampung Bendera, saat ditemui di Surabaya, Rabu, mengaku saat ini dalam sehari ada sekitar 5-10 pembeli yang belanja di kiosnya dan jumlahnya diperkirakan terus meningkat mendekati Agustusan.

"Sekarang sudah mulai ramai, banyak yang beli, tapi ini belum puncaknya. Biasanya paling ramai tanggal 1 sampai 10 (Agustus) nanti, " katanya.

Mendekati perayaan Agustusan seperti sekarang, dalam sehari para pedagang bisa meraup untung antara Rp500.000 hingga jutaan rupiah.

Di kawasan Kampung Bendera terdapat 22 kios yang menjual segala macam bendera, umbul-umbul dan pernak-pernik Agustusan. Para pedagang di kawasan itu selalu ramai mendapat pesanan, mulai dari pembeli yang kulakan untuk menjual kembali, kantor pemerintah, hingga berbagai instansi pemerintah dan swasta.

"Kebanyakan yang beli biasanya mau dijual kembali di Surabaya, ada juga yang dijual ke luar kota. Paling banyak yang dibeli biasanya bendera, umbul-umbul, sama bendera kantor," ujar Solikhin, salah satu pedagang yang telah berjualan bendera selama 33 tahun.

Pedagang di kawasan tersebut menjual berbagai jenis bendera, umbul-umbul, lampion, dan pernak-pernik lainnya. Produk dari Kampung Bendera Darmokali merupakan produksi sendiri dan ada juga yang langsung didatangkan dari Bandung.

Produk-produk Kampung Bendera Darmokali juga dikenal harganya murah dan telah dipasarkan tidak hanya di Surabaya, tetapi hingga luar kota dan luar Jawa, seperti Madura, Tuban, Gresik, Kalimantan, hingga Fak-Fak, Papua.

Harga yang lebih murah menjadi pilihan bagi pembeli untuk kulakan di Kampung Bendera Darmokali. Untuk bendera dan pernak-pernik Agustusan dijual mulai harga Rp10.000 sampai Rp700.000, tergantung ukurannya.

Yusuf, salah satu pedagang musiman, mengaku sudah lama menjadi pelanggan tetap di Kampung Bendera, terutama saat menjelang HUT Kemerdekaan RI.

"Harganya memang lebih murah dari tempat lain. Sudah lama ke sini, mau dijual lagi," katanya saat ditemui di salah satu kios.

Pewarta: Jenik M, Ade Resty, DK

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019