Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Mabes Polri Cabang Surabaya berupaya mencari penyebab kebakaran rumah di Jalan Hasanuddin, Desa Junrejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur, yang menewaskan empat orang anak.

Kapolsek Junrejo AKP Supriyanto mengatakan bahwa saat ini tengah dilakukan olah tempat kejadian perkara (TKP), dan diharapkan bisa segera mendapatkan informasi awal terkait penyebab kebakaran tersebut.

"Saat ini sedang didalami olah TKP oleh Puslabfor Mabes Polri Cabang Surabaya, kita harapkan bisa segera mendapatkan informasi awal," kata Supriyanto, di Dusun Jeding, Desa Junrejo, Kota Batu, Rabu.

Supriyanto menjelaskan, berdasarkan informasi awal dan pemeriksaan lapangan yang dilakukan Polsek Junrejo, pada saat listrik padam, orang tua dari korban selaku penyewa rumah menyalakan lilin.

Namun, lanjut Supriyanto, seluruh keluarga yang terdiri dari enam orang anak dan dua orang tua tersebut terlelap. Pada saat mereka semua tertidur, diduga api menyambar tumpukan buku di ruang belajar dan memicu kebakaran itu.

"Pada saat listrik padam, orang tua menyalakan lilin. Itu mungki ditinggal tidur, dan setelah lilin habis, merembet ke tumpukan buku yang ada di ruang belajar," kata Supriyanto.

Baca juga: Empat anak tewas akibat kebakaran rumah di Kota Batu

Rumah yang terbakar kurang lebih pukul 21.50 WIB tersebut dikontrak pasangan Abdullah (34) dan istrinya Herlina (35) asal Jalan Tirto Taruno RT 03 RW 07, Landungsari, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. Mereka kontrak bersama enam anaknya.

Empat korban diketahui bernama Rahma Ramadhani (10), Nabila Fathinah Sholihah (9), Anisa Dzakiroh (7), dan Naufal Masrulloh (6). Dua anak lainnya selamat dari kejadian tersebut karena berhasil diselamatkan oleh orang tuanya.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun ANTARA, api diperkirakan berawal dari ruang belajar yang letaknya berada di dalam kamar tidur anak. Sebagai gambaran, kamar tidur tersebut ada dua tempat tidur, dan ruang belajar berada di bagian belakang dengan dinding sekat.

Api yang diperkirakan berasal dari ruang belajar tersebut, dengan cepat menyambar kamar tidur. Pada saat kejadian, satu anak berusia 10 tahun berada di ruang belajar, dan tiga lainnya berada di kamar tidur. Empat anak tersebut menjadi korban kebakaran. Keempat anak tersebut dimakamkan di Desa Junrejo, Kota Batu pada Rabu (24/7) siang.

Pewarta: Vicki Febrianto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019