Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lumajang menetapkan calon anggota DPRD Kabupaten Lumajang periode 2019-2024 dalam rapat pleno terbuka penetapan perolehan kursi partai politik dan calon terpilih anggota DPRD Kabupaten Lumajang di ruang pertemuan Badan Diklat Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Senin.

"Rapat pleno terbuka tersebut merupakan tahapan untuk persiapan pelantikan calon anggota DPRD Kabupaten Lumajang terpilih untuk diajukan ke KPU RI dan Mendagri, sehingga bisa segera dilantik sesuai dengan jadwal yang ditentukan," kata Ketua KPU Lumajang Yuyun Baharita di Lumajang.

Dalam rapat pleno tersebut disampaikan beberapa partai politik yang mendapatkan kursi di dewan dan nama-nama anggota DPRD Lumajang yang terpilih periode 2019-2024.

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mendapat 10 kursi di DPRD Kabupaten Lumajang, kemudian disusul Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebanyak 9 kursi, Partai Gerindra sebanyak 8 kursi, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) sebanyak enam kursi, Partai Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) masing-masing sebanyak empat kursi, Partai Nasdem dan Partai Golkar masing-masing tiga kursi, Partai Hanura dua kursi, dan PAN satu kursi.

"Penetapan tersebut menindaklanjuti Keputusan KPU yang menyatakan paling lambat lima hari setelah diterima surat harus melakukan penetapan perolehan suara partai politik dan calon anggota legislatif (caleg) terpilih di Kabupaten Lumajang," ucapnya.

Yuyun mengatakan KPU Kabupaten Lumajang menyiapkan dokumen pendukung sebagai pemenuhan syarat administratif, sehingga 50 calon anggota DPRD Lumajang terpilih tersebut tinggal menunggu pelantikan saja karena masa jabatan anggota DPRD Lumajang periode 2014-2019 berakhir pada pekan ketiga bulan Agustus 2019.

Pada periode 2014, PDIP tercatat sebagai partai politik yang memiliki perolehan suara terbanyak di Lumajang, kemudian disusul PKB, dan Partai Demokrat. PDIP mendapatkan 10 kursi di DPRD Lumajang pada periode 2014-2019.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019