Deputi Gubernur Bank Indonesia Sugeng didampingi Rektor Universitas Jember (Unej) Moh. Hasan dan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jember Hestu Wibowo meresmikan Bank Indonesia Corner di perpustakaan Universitas Jember, Jawa Timur, Jumat sore.

"BI Corner merupakan salah satu bentuk kepedulian Bank Indonesia terhadap dunia pendidikan, sehingga mahasiswa dan dosen bisa menambah ilmu pengetahuan dan wawasannya di perpustakaan mini tersebut," kata Deputi Gubernur Bank Indonesia Sugeng di Kabupaten Jember.

BI Corner yang berada di area Unit Pelayanan Teknis (UPT) Perpustakaan Universitas Jember itu diproyeksikan sebagai pusat informasi dan kajian mengenai bank sentral dan ekonomi makro di wilayah Jember dan sekitarnya, sehingga meningkatkan literasi mengenai peran dan fungsi Bank Indonesia sebagai bank sentral.

"Keberadaan BI Corner diharapkan menjadi rujukan bagi dosen dan mahasiswa serta kalangan umum dalam mempelajari Bank Indonesia dan kondisi ekonomi makro Indonesia," katanya.

Selain menyediakan berbagai buku mengenai ekonomi, finansial, dan perbankan secara umum, BI Corner juga menyajikan berbagai kajian dan penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di Bank Indonesia.

"Kami di Bank Indonesia memiliki BI Institute yang didukung para peneliti yang konsisten melakukan berbagai kajian yang hasilnya disebarluaskan melalui BI Corner yang ada di seluruh Indonesia," ucap salah satu penggagas berdirinya BI Institute itu.

Sugeng menjelaskan BI Corner tidak hanya memberikan layanan informasi saja, namun secara rutin akan mengadakan diskusi, seminar dan kegiatan ilmiah lainnya terkait bank sentral dan ekonomi makro dengan menghadirkan para akademisi, praktisi perbankan, pelaku ekonomi dan tentu saja pakar dari Bank Indonesia.

"Bahkan setiap tahunnya ada kompetisi BI Corner terbaik. Keberadaan BI Corner akan dimotori oleh para mahasiswa penerima beasiswa GenBI yang merupakan mahasiswa di Universitas Jember dan IAIN Jember," ucap mantan Kepala Perwakilan Bank Indonesia di New York itu.

Sementara Rektor Unej Moh Hasan memberikan apresiasi yang tinggi atas kontribusi Bank Indonesia bagi dunia pendidikan tinggi dengan mendirikan BI Corner dan pemberian beasiswa GenBI kepada mahasiswa.

"Dengan diresmikan BI Corner yang didukung Bank Indonesia tentu akan menjadi tambahan akses bagi civitas akademika Unej untuk pengembangan keilmuan di bidang ekonomi seperti moneter, fiskal dan lainnya yang dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh mahasiswa, dosen, dan masyarakat umum," tuturnya.

Ia mengatakan mahasiswa dan dosen Unej dapat mengakses hasil kajian dari BI yang selalu dinamis, sehingga civitas akademika di Universitas Jember dapat mengetahui perkembangan ekonomi dengan cepat yang terjadi di pusat ibu kota.

"Melalui GenBI, mahasiswa kami juga banyak mendapatkan bekal keterampilan dan pengembangan karakter yang bakal membantu mahasiswa dalam berkiprah di dunia kerja selepas lulus nanti," katanya.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019