Pada sehari setelah Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah, jumlah penumpang kapal feri dari Pulau Raas, Kabupaten Sumenep, Madura, ke Pelabuhan Jangkar Situbondo, mulai meningkat.

"Pada hari ini H+1 Lebaran, jumlah penumpang kapal cepat mudik/balik gratis dari Pulau Raas ke Jangkar sebanyak dua trip sekitar 600 orang," ujar Pelaksana tugas Kepala Pelabuhan Feri Jangkar Situbondo Tri Wahyono di Situbondo, Jawa Timur, Jumat.

Sedangkan sebaliknya dari Jangkar ke Pulau Raas satu trip, jumlah penumpang kapal cepat program Mudik/Balik Gratis dari Pemprov Jatim, itu juga membludak.

Pemudik yang memanfaatkan mudik/balik gratis menggunakan kapal cepat dari Jangkar ke Raas, katanya, pemudik tiba-tiba memadati pelabuhan, sehingga petugas pun harus bekerja ekstra dengan membantu ratusan mendaftarkan melalui daring (dalam jaringan).

"Kami juga sempat terkejut banyak warga yang memanfaatkan kapal cepat mudik/balik gratis dari Jangkar ke Raas, karena tidak seperti tahun sebelum pada arus balik kapal cepat dari Jangkar-Raas sepi penumpang," ucapnya.

Tri Wahyono menjelaskan bahwa khusus mudik/balik gratis menggunakan kapal cepat yang dilaksanakan pada hari ini, dari kapasitas angkut sebanyak 362 penumpang, dalam dua kali jadwal keberangkatan jumlah penumpang hampir memenuhi kapal cepat Ekspres Bahari 1C.

"Selain kapal cepat yang dipenuhi penumpang, pada Jumat (7/6/19) malam, kapal feri (reguler) dari Raas ke Jangkar juga dipenuhi penumpang," paparnya.

Ia menambahkan puncak arus balik Lebaran di Pelabuhan Jangkar diperkirakan akan terjadi pada H+7 hari raya, dan bahkan tidak menutup kemungkinan pada Minggu (9/6) penumpang dari Raas ke Jangkar akan membludak.

"Bisa saja hari Minggu, penumpang kapal feri dari Raas ke Jangkar akan membludak, mengingat pada hari Senin (10/6) sudah mulai masuk kerja," paparnya.

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019