PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III menyiapkan 50 ribu paket sembilan bahan kebutuhan pokok (sembako) senilai total Rp5 miliar untuk masyarakat yang tinggal di sekitar kantor-kantor wilayah kerjanya.

"Wilayah kerja PT Pelindo III meliputi tujuh provinsi di kawasan Indonesia Timur," ujar Direktur Sumber Daya Manusia PT Pelindo III Toto Heli Yanto kepada wartawan di Surabaya, Jawa Timur, Rabu. 

Dia menjelaskan bahwa dari 50 ribu paket sembako tersebut, sebanyak 2.500 paket di antaranya merupakan paket sembako seharga masing-masing Rp100 ribu hingga Rp150 ribu yang akan dijual murah ke masyarakat di sekitar Pelabuhan Tenau, Kupang, Nusa Tenggara Timur,  dan Pelabuhan Tanjung Intan, Cilacap, Jawa Tengah. 

"Hasil penjualan sembako murah di Kupang akan disalurkan kembali berupa bantuan sarana dan prasarana untuk lima tempat ibadah di Kupang. Sedangkan hasil penjualan di Cilacap akan disumbangkan ke beberapa panti asuhan di wilayah setempat," katanya. 

Sedangkan di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya akan dibagikan sekitar 7.500 paket sembako gratis oleh PT Pelindo III dan anak perusahaannya. 

"Di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang juga akan dibagikan sekitar 5.500 paket sembako gratis," ujarnya. 

Toto menandaskan, untuk wilayah pelabuhan di Pulau Kalimantan akan dibagikan sembako dalam jumlah besar, di antaranya di Pelabuhan Banjarmasin yang telah disiapkan sebanyak 3.800 paket sembako gratis, serta di Pelabuhan Sampit yang telah disiapkan sekitar 3.000 paket sembako gratis. 

Selain itu, pembagian 2.440 paket sembako gratis juga telah dijadwalkan di Pelabuhan Benoa, Bali, dan 2.840 paket sembako gratis di Pelabuhan Lembar Lombok, Nusa Tenggara Barat. 

"Setiap paket sembako berisi bahan kebutuhan pokok, antara lain beras, minyak goreng, gula, dan kecap," katanya. 

Toto berharap kegiatan ini dapat meringankan pengeluaran belanja konsumsi bulanan masyarakat yang biasanya meningkat pada bulan Ramadhan. 

"Kesejahteraan masyarakat di sekitar pelabuhan selalu menjadi perhatian Pelindo III. Karena secara tidak langsung juga berkontribusi pada stabilitas bisnis operasional pelabuhan yang dikerjakan Pelindo III untuk mendorong kelancaran logistik bagi daerah," ucapnya.

Pewarta: Hanif Nashrullah

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019