Pemerintah Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, tahun ini menyediakan dana sebesar Rp1,25 miliar untuk membantu modal usaha bagi wirausahawaan muda yang hendak mengembangkan usahanya di wilayah itu.

Menurut Kepala Bagian Perencanaan pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Pemkab Pamekasan Muklison di Pamekasan, Senin, bantuan modal usaha kepada wirausahawan muda tersebut sebagai upaya untuk mensukseskan program unggulan Bupati Pamekasan Baddrut Tamam.

"Bupati Pamekasan menginginkan dalam kurun waktu liha tahun, tercetak sebanyak 10 ribu wirausahawan muda baru di Kabupaten Pamekasan," kata Mukhlison.

Pemuda Pamekasan yang berminat mengembangkan menjadi pengusaha, hendak bisa mengajukan proposal ke Pemkab Pamekasan dan menjelaskan secara detail tentang rencana usaha yang akan mereka lakukan.

Selanjutnya Pemkab Pamekasan akan melakukan kajian dan uji kalayakan, dan mengkaji peluang usaha yang diusulakan oleh calon penerima bantuan.

Mukhlison menjelaskan, langkah ini juga sebagai upaya untuk menumbuhkan minat usaha kalangan generasi muda di Kabupaten Pamekasan, mengingat selama ini yang menjadi orientasi kerja sebagian pemuda hanya pada aparatur sipil negara (ASN).

"Padahal dunia usaha lebih menjanjikan dibanding pekerjaan sebagai aparatur sipil negara yang jumlahnya juga sangat terbatas," katanya, menjelaskan.

Selain memberikan bantuan modal usaha dalam bentuk uang, Pemkab Pamekasan juga memberikan pelatihan keterampilan kepada para pemuda dengan menggandeng para pengusaha muda yang telah sukses dari sejumlah kabupaten di Jawa Timur.

Pewarta: Abd Aziz

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019