Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa landasan pacu atau runway Bandara Abdul Rachman Saleh di Kabupaten Malang, Jawa Timur, akan diperpanjang untuk meningkatkan status bandara tersebut dari bandara domestik menjadi bandara internasional.

Jokowi mengatakan bahwa potensi di wilayah Malang Raya yang merupakan gabungan dari Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu cukup besar, sehingga keberadaan bandara bertaraf internasional sesungguhnya sudah diperlukan.

"Bandara itu juga tadi menjadi salah satu pembicaraan kita, karena ada sebuah potensi yang besar di sini. Runway untuk airport akan diperpanjang 500 meter," ujar Jokowi usai meresmikan Tol Pandaan-Malang Seksi 1-3 di Gerbang Tol Singosari, Kabupaten Malang, Senin.

Sebagai catatan, Bandara Abdul Rachman Saleh terletak di Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, atau 17 kilometer dari pusat Kota Malang. Bandara tersebut memiliki dua landasan pacu, yakni landasan pacu untuk pesawat kecil sepanjang 1.500 meter dan landasan pacu untuk pesawat besar seperti Boing 737 sepanjang 2.300 meter.

Sebagai salah satu contoh bandara yang dirancang untuk internasional, Ngurah Rai Bali, memiliki landasan pacu sepanjang 3.000 meter sehingga memudahkan pesawat besar untuk mendarat di bandara tersebut.

"Dengan adanya perpanjangan itu, jadi untuk bandara internasional akan siap. Satu per satu, tol rampung, nanti ganti bandara," ujar Jokowi.

Berdasar catatan, Bandara Abdul Rachman Saleh Malang menampung jumlah penumpang mencapai 1,2 juta per tahun. Angka tersebut jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan Bandara Internasional Banyuwangi yang menampung 300 ribu penumpang per tahun.

Untuk perubahan status Bandara Abdul Rachman Saleh menjadi bandara internasional tersebut harus disetujui Mabes TNI AU sebagai pemilik Landasan Udara Abdul Rachman Saleh Malang, yang sesungguhnya merupakan bandara militer.

Lanud tersebut sesungguhnya merupakan restricted area, namun, akhirnya memperbolehkan penerbangan sipil untuk membantu pengembangan dan pembangunan daerah. Namun, pengoperasian bandara sipil tersebut tetap tidak mengurangi sisi pertahanan dan keamanan yang ada.

Bandara tersebut merupakan tempat bagi pesawat Hercules C-130 dan Super Tucano, sebagai pengganti OV-10 Bronco milik TNI AU. Lokasi bandara yang dikelilingi oleh beberapa gunung seperti Gunung Bromo, Arjuno, dan Semeru, membuat pangkalan udara tersebut merupakan salah satu yang strategis di Indonesia.

Hingga saat ini, Lanud Abdul Rachman Saleh masih dipergunakan untuk latihan penerbangan TNI AU dan mencetak para penerbang. Jika Bandara Abdul Rachman Saleh Malang berubah status menjadi bandara internasional, maka slot atau jatah waktu yang dipergunakan untuk berlatih akan jauh berkurang dibanding saat ini.

Sesungguhnya, beberapa tahun lalu ada rencana untuk membangun bandara bertaraf internasional di wilayah Malang Selatan. Pada 2016, akan dibangun Bandar Udara Internasional Purboyo di Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, namun gagal untuk dilanjutkan.

Pewarta: Vicki Febrianto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019