Kepala Marketing perusahaan digital Rumah.com, Ike Hamdan memprediksi industri properti nasional diprediksi semakin membaik usai Pemilu 2019, karena munculnya pengguna KPR baru dan masyarakat cenderung memprioritaskan dana untuk penggunaan yang konsumtif.

"Survei Rumah.com Property Sentiment Index H1-2019 juga menunjukkan responden dengan rentang usia 28-30 tahun adalah yang paling banyak memiliki rencana untuk mulai tinggal sendiri dan pindah dari rumah orangtua mereka. Generasi milenial yang berencana keluar dari rumah orang tua dalam enam bulan ke depan, tidak semuanya serta-merta membeli rumah. Dua puluh lima persen di antaranya memilih untuk mengontrak daripada membeli rumah sendiri," kata Ike, dalam keterangan persnya yang diterima di Surabaya, Senin.

Membaiknya industri properti nasional di kuartal ketiga 2019, kata dia, juga menunjukkan berbagai kebijakan yang telah dikeluarkan pemerintah membawa dampak positif terhadap pasar. 

"Hal ini menunjukkan bahwa program pelonggaran LTV, FLPP, serta model pembiayaan lainnya berdampak positif pada perkembangan properti di tanah air," katanya.

Selain itu, program rumah subsidi yang diluncurkan untuk membantu Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) maksimal Rp4 juta, dan bagi kelas menengah yang belum pernah memiliki rumah sebelumnya mulai dirasakan manfaatnya.

Ditambah program pemanfaatan asuransi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS-TK) yang memberikan bunga capped suku bunga Bank Indonesia Repo Rate ditambah 3 persen.

"Pemerintah juga telah melakukan relaksasi Loan to Value (LTV) sehingga pengembang bekerja sama dengan bank bisa menawarkan cicilan dengan uang muka hingga 0 persen. Selain itu Pemerintah juga meluncurkan badan pembiayaan nonbank, baik untuk pembangunan infrastruktur maupun pembiayaan untuk lembaga penyalur KPR, yakni Sarana Multigriya Infrastruktur (SMI) dan Sarana Multigriya Finansial (SMF)," katanya.

Berbagai kebijakan pemerintah itu, kata dia, telah mendapatkan sambutan positif dari masyarakat, dani tercermin dari hasil survei Rumah.com Property Sentiment Index H1-2019, yang merangkum seluruh aspek sentimen pembeli dan calon pembeli terhadap kondisi pasar properti saat ini berada di angka 57, naik dari periode sebelumnya sebesar 51.

"Secara keseluruhan, responden menilai harga properti masih berada di batas wajar dan terjangkau. Tingkat kepuasan terhadap iklim properti masih terjaga di atas 65 prsen. Bagi mereka yang belum memiliki rumah dan generasi milenial yang ingin membeli rumah, alih-alih membelanjakan Tunjangan Hari Raya atau bonus lainnya untuk kebutuhan konsumtif seputar Ramadan dan Idul Fitri, lebih baik digunakan untuk mewujudkan impian memiliki rumah," tuturnya.(*)

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019