PT Pelabuhan Indonesia III mendorong kemajuan UMKM mitra binaannya dengan mengenalkan jaringan internasional melalui berbagai pagelaran, salah satunya 19th Jakarta International Handicraft Trade Fair (Inacraft) 2019 yang digelar di Jakarta yang digelar di Jakarta beberapa waktu lalu.

“Melalui pameran inacraft, diharapkan dapat membuka peluang dan kesempatan bagi Mitra Binaan Pelindo III untuk berinteraksi dengan perajin lain dari dalam dan luar negeri, sekaligus mencari peluang pasar sehingga dapart menembus pasar global,” ujar VP Corporate Communication Pelindo III, Wilis Aji dalam keterangan persnya yang diterima di Surabaya, Sabtu.

Ia mengatakan, Pelindo III tak pernah absen dalam mendorong UMKM binaanya untuk terus berpromosi, dan khusus pada kegiatan Inacraft, Pelindo III mengikutsertakan enam mitra binaan unggulan dari program kemitraan.

Seperti mitra kerajinan tangan dari kawat Yen Collection dari kota Jombang, Wisma Jaya dari Bangkalan yang memamerkan berbagai macam jenis batik tulis khas Madura, Kebaya Adiba dari kota Denpasar yang memamerkan kebaya endek Bali.

Selain itu, Kejaya Handicraft dari Banyuwangi memamerkan Handicraft, hadir juga Hafa Batik dari Pekalongan juga memamerkan berbagai jenis batik tulis, perwakilan dari kota Banjarmasin, Sukma Sasirangan yang memamerkan kerajinan kain  sasirangan khas Kalimantan.

Wilis mencatat, hingga triwulan I 2019, sebanyak 1.412 UMKM tercatat sebagai mitra binaan Pelindo III yang tersebar di tujuh provinsi dan jika ada UKM yang tertarik untuk menjadi mitra binaan Pelindo III, bisa melihat persyaratannya di website Pelindo III.

"Alhamdulilah, dalam pameran kemarin di Jakarta, kami dapat pembeli dari Singapura dan memboyong beberapa kain, kelihatannya mereka senang dengan motifnya dan semoga para pembeli tadi puas dengan kualitas kain kami sehingga bisa menjadi pelanggan setia, tidak hanya saat pameran," kata pemilik Hafa Batik dan Tenun, Abdul Hanif Hakim.

Hakim berharap, selama pameran dapat menambah pelanggan lokal maupun internasional.

"Kami berterima kasih kepada Pelindo III, dan saya betul-betul merasakan perkembangan usaha setelah menjadi mitra apalagi baru pertama kali ini bisa pameran di ajang bergengsi sekelas Inacraft," katanta.

Sementara itu, enam peserta yang diboyong Pelindo III untuk pameran di Inacraft adalah mitra yang telah lolos dalam tahap seleksi ketat serta memenuhi persyaratan memiliki karakter kuat di produknya, unik dan mitra yang rajin, memiliki catatan yang baik, belum pernah diikutsertakan pameran oleh dinas pemerintah setempat, dan angsurannya tidak pernah menunggak. (*)

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019