Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan unggul sementara perolehan suara parpol dalam Pemilu 2019 di Kota Madiun, Jawa Timur, berdasarkan hasil real count formulir C1 yang dilakukan oleh KPU setempat.

Berdasarkan hasil real count yang dilakukan pada Jumat, tercatat PDIP sementara mendulang suara terbanyak dengan perolehan 3.069 suara atau 21,66 persen, disusul Partai Demokrat dengan 1.729 suara (12,14 persen).

Setelah itu, ada Perindo sebagai partai politik (parpol) pendatang baru memperoleh 1.453 suara (10,26 persen), serta Gerindra dengan 1.406 suara (9,92 persen).

Sesuai data, hasil itu belum final. Adapun suara yang masuk baru sekitar 13,2 persen. Sementara jumlah keseluruhan di Kota Madiun ada 605 TPS.

"Sampai dengan saat ini, kami masih terus melakukan pendataan formuir C1 yang dikirimkan oleh masing-masing kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS). Per KPPS menyetorkan formulir C1 sebanyak lima set," ujar Ketua KPU Kota Madiun Sasongko.

Sasongko mengungkapkan proses input data C1 ke Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) Pemilu 2019 memang membutuhkan waktu cukup lama, sebab formulir C1 yang dimasukkan dan dipindai ada sekitar 3.025 set.

"Selain pendataan C1, kami juga sedang mempersiapkan untuk rekapitulasi di tingkat kecamatan," kata dia lanjut.

Sasongko menambahkan bahwa hasil situng merupakan bahan informasi awal bagi masyarakat, namun belum bisa menjadi acuan data final hasil pemilu.

Sesuai rencana, penghitungan rekapitulasi hasil pemilu di tingkat kecamatan dilakukan mulai 19 April. Hal itu sesuai dengan PKPU yang menyebutkan jadwal untuk pelaksanaan rekapitulasi di tingkat kecamatan bisa dilakukan mulai 19 April hingga 4 Mei.

Kemudian, pada 5 Mei sudah dapat dilakukan rekapitulasi di tingkat KPU kota/kabupaten.

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019