Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo berharap mahasiswa Universitas Wijaya Kusuma Surabaya (UWKS) untuk menggerakkan masyarakat agar tidak golput atau menggunakan hak pilihnya saat Pemilu 2019.

Tjahjo saat menjadi pembicara di UWKS, Selasa nengatakan mahasiswa merupakan elemen dari masyarakat yang punya kelebihan dan disiplin ilmu.

"Mereka (mahasiswa) diharapkan mampu menggerakkan dan mengorganisir sesama mahasiswa, lingkungan atau keluarganya untuk berpartisipasi politik secara demokratis dan sehat," katanya.

Pada kesempatan itu, Tjahjo mengingatkan pada pendukung calon presiden (capres) atau calon legislatif (caleg) bahwa kampanye adalah kegiatan untuk adu program bukan adu kebohongan, fitnah dan hoaks.

"Dengan menggerakkan itu mahasiswa ikut berperan bahwa pemilu itu akan bisa jalan kalau partisipasi masyarakat tinggi. Kami optimis partisipasi mencapai diatas 78 persen," ujarnya.

Dia menegaskan, mahasiswa bebas memilih, yang penting dapat menjaga kerukunan dan persatuan dan jangan sampai diganggu provokasi yang tidak sehat.

"Kami ingatkan jangan golput, gunakan hak pilih sebagai bagian dari masyarakat," katanya.(*)

Pewarta: Willy Irawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019