Joko Widodo dalam kapasitas sebagai calon presiden pada Senin (25/3) kemarin berkunjung ke Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, dan didampingi Ibu Iriana Joko Widodo menyempatkan berkeliling di terminal hijau pertama di Indonesia yang didesain arsitek Andra Matin itu.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas ketika ditanya apa yang disampaikan Jokowi dalam perbincangannya di bandara, mengatakan bahwa Jokowi mendorong daerah untuk terus berinovasi.

"Seperti biasa, Pak Jokowi selalu menekankan soal inovasi daerah, dan beliau mendukung penuh semua daerah yang giat berinovasi, baik dalam hal pengembangan ekonomi, sosial, seni-budaya maupun pelayanan publik. Memang DNA inovasi ada pada diri Pak Jokowi sehingga beliau senang bila ada daerah terus berinovasi," kata Anas dalam keterangan tertulis diterima Antara di Banyuwangi, Selasa.

Ia mengemukakan, Jokowi juga mengapresiasi inisiatif Banyuwangi yang didukung pemerintah provinsi dan pusat dalam mengembangkan bandara.

Bupati Anas juga menceritakan bagaimana proses pengembangan terminal hijau bandara tersebut yang memang sengaja didesain unik untuk mendukung Banyuwangi sebagai destinasi wisata.

Di terminal bandara itu, penggunaan AC nyaris tidak ada, namun suasana tetap sejuk karena penataan sirkulasi udara dan aliran air di kolam yang mengelilingi nyaris seluruh ruang bandara.

Menurut ia, Pak Jokowi mengapresiasi pengembangan Bandara Banyuwangi, termasuk gaya terminal hijaunya, dan pemerintah daerah setempat juga menyampaikan terima kasih karena pemerintah pusat total mengembangkan Bandara Banyuwangi, baik lewat skema APBN dan mulai tahun lalu lewat BUMN.

"Kalau ditotal sudah ratusan miliar dana dari pusat untuk Bandara Banyuwangi, yang memudahkan akses bukan hanya ke Banyuwangi, tetapi juga Situbondo, Bondowoso dan bahkan Pulau Bali bagian barat," paparnya.

Dari sejumlah gambar di media sosial, tampak Jokowi dan Ibu Iriana bersama Khofifah dan Anas menyusuri lorong-lorong di terminal hijau Bandara Banyuwangi.

Mantan Wali Kota Solo itu tampak serius mencermati interior bandara yang sebagian digarap dengan kayu-kayu bekas, dan Jokowi juga mencoba duduk di kursi-kursi hasil produksi industri "furniture" Banyuwangi yang menghiasi terminal bandara.

Jokowi disambut Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Khofifah dan Anas menyatakan sudah mengajukan cuti kerja sehari untuk menyambut Jokowi. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019