Komisi Pemilihapan Umum (KPU) Kabupaten Kediri, Jawa Timur, mulai melakukan proses pengemasan  logistik untuk Pemilu 2019, dengan melibatkan panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS) kecamatan setempat.

"KPU sudah sejak empat hari ini mulai melakukan proses 'setting' dan 'packing' logistik yang masuk ke dalam kotak suara. Seiring dengan pelaksanaan ini, proses sortir dan lipat suara sudah selesai, sehingga kami mulai proses pengaturan dan pengepakan perlengkapan untuk TPS (tempat pemungutan suara)," kata Ketua KPU Kabupaten Kediri Sapta Andaruisworo di Kediri, Selasa.

Ia mengatakan, dalam proses ini memang melibatkan PPK dan PPS di wilayah mereka bertugas. Dengan itu, mereka dipastikan lebih mengetahui berapa jumlah logistik yang dimasukkan, yang disesuaikan dengan jumlah daftar pemilih di setiap TPS daerah mereka.

"Dalam proses ini, KPU melibatkan seluruh jajaran PPK, PPS di wilayah masing-masing. Mereka terlibat aktif langsung memasukkan jenis, jumlahnya berapa, dan kelengkapan alat yang masuk ke dalam kotak suara. Ini penting melibatkan jajaran PPK dan PPS untuk pastikan kebutuhan di masing-masing wilayah. Bisa saja kami manfaatkan swakelola ke masyarakat, tapi tidak bisa seakurat ketimbang PPK dan PPS," kata dia.

Untuk proses pengaturan dan pengepakan perlengkapan ini, KPU masih fokus di dua kecamatan, yakni Kecamatan Pare dan Purwoasri. Nantinya akan dievaluasi waktu yang dibutuhkan untuk proses pengaturan dan pengepakan perlengkapan logistik tersebut.

Sapta menambahkan, KPU juga berencana untuk menambah satu gudang lagi, sehingga proses pengemasan logistik bisa tepat waktu dilakukan. Saat ini, KPU sudah mempunyai empat gudang, sehingga dengan direncanakan tambah satu gudang untuk satu bulan total keseluruhan ada lima gudang.

Sementara itu, sesuai dengan target rencana proses pengemasan logistik itu bisa, KPU Kabupaten Kediri mengharapkan bisa selesai pada 10 April 2019. Pada 11 April nantinya logistik bisa didistribusikan ke setiap kecamatan. Di Kabupaten Kediri, total terdapat 26 kecamatan.

Di Kabupaten Kediri, jumlah DPT yang telah ditetapkan mencapai 1.200.733 pemilih yang tersebar di 5.511 TPS seluruh wilayah kabupaten. Jumlah ini terdiri dari 602.058 pemilih laki-laki dan 598.675 pemilih perempuan. (*)

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019