Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor menyerukan gerakan "Rabu Putih" yang merupakan ajakan kepada masyarakat untuk tidak perlu takut menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 17 April 2019. 

"Gerakan Rabu Putih ini bertujuan memutihkan seluruh TPS (tempat pemungutan suara). Ya, pokoknya putihkan TPS dan coblos itu yang putih-putih," kata Ketua Umum PP Gerakan Pemuda Ansor Yaqut Cholil Qoumas pada Apel Kebangsaan di Alun-alun Bojonegoro, Jawa Timur, Minggu sore.

Gus Yaqut, sapaan akrabnya, juga mengajak masyarakat Indonesia untuk memerangi hoaks, fitnah dan ujaran kebencian serta menciptakan kesejukan di sisa 24 hari jelang pemungutan suara.

Ia juga meminta masyarakat tidak mempercayai isu akan adanya kerusuhan menjelang, saat dan setelah Pemilu 2019, serta tidak perlu khawatir adanya intimidasi dari kelompok tertentu.

"GP Ansor mendorong sekaligus percaya Polri dibantu TNI bertindak profesional dalam menjamin stabilitas politik dan keamanan pemilu," tandas Gus Yaqut.

Sekretaris Jenderal PP GP Ansor Abdul Rochman menambahkan, dalam waktu dekat ini organisasinya akan mengadakan Rapat Koordinasi Nasional GP Ansor se Indonesia di Jakarta.

"Rakornas akan membahas situasi politik terkini, terutama menyangkut pemilu serentak. Selain itu GP Ansor juga akan mendeklarasikan gerakan Rabu Putih, yaitu sebuah gerakan masyarakat yang bertujuan memaksimalkan tingkat partisipasi pemilih Indonesia datang ke TPS dan menggunakan hak pilihnya/mencoblos pada Pemilu 17 April 2019 secara bebas dan nyaman, tanpa rasa takut atau merasa terintimidasi oleh kelompok mana pun," kata Adung, sapaannya. 

Dalam acara itu, hadir Kasatkornas Banser Alfa Isnaeni, Ketua PW Ansor Jatim Abid Umar Faruq, Kasatkorwil Banser Jatim Yunanto Wahyudi, Bupati Bojonegoro Anna Muawanah, Ketua PC GP Ansor Bojonegoro, Ketua PCNU Bojonegoro, dan ribuan anggota GP Ansor se-Jatim.

Pewarta: Slamet Agus Sudarmojo

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019