Pemerintah Kota Mojokerto mengajak masyarakat untuk datang pada "Mojotirto Festival 2019" yang dibuka pada Jumat (22/3) di sepanjang Jembatan Rejoto, sebagai bentuk rasa sukur atas melimpahnya air dan memperingati Hari Air se-dunia.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Kota Mojokerto, Choirul Anwar di Mojokerto, Kamis mengatakan Mojotirto Festival 2019 diawali dengan acara Prokasih (Program Kali Bersih) serentak, dan sebagai puncaknya adalah kenduri banyu yang disemarakkan dengan kirab Mojopahit, tari bedoyo air serta tabur benih ikan.

"Dalam Mojotirto Festival akan diadakan berbagai lomba seperti adalah lomba dayung perahu karet, lomba fotografi, 'English vlog competition', lomba permainan tradisional dan untuk anak-anak akan ada lomba mewarnai, lomba bercerita, lomba baca puisi yang akan digelar di Hutan Kota Mojokerto," kata Anwar.

Lebih lanjut, Anwar menambahkan melalui Mojotirto Festival 2019 Pemkot Mojokerto berusaha untuk melestarikan budaya lokal terutama yang bisa mendukung menguatnya "spirit of Mojopahit" di kalangan warga.

"Untuk itu dalam Mojotirto Festival akan ada berbagai pertunjukan tari-tarian kolosal oleh seribu penari dari para pelajar yang ada di Kota Mojokerto," ujarnya.

Di samping tarian kolosal juga ada penampilan kesenian jaranan dan reog, permainan tradisional, juga ada pasar tradional yang menjual jajanan khas tempo dulu. Seperti tiwul, jajanan pasar, serta oleh-oleh khas Mojokerto yaitu onde-onde.

"Segenap panitia dan semua yang terlibat dalam pembukaan Mojotirto Festival 2019 telah melakukan gladi bersih Rabu (20/3) kemarin. Semoga acara yang akan berlangsung selama dua hari ke depan dapat berjalan dengan lancar dan sukses," ujar Anwar, berharap.

Menyampaikan pesan dari Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari, Anwar mengatakan bahwa semoga Mojotirto Festival bisa dinikmati oleh seluruh warga Kota Mojokerto dan sekitarnya serta memberi manfaat bagi semuanya.

"Semoga Mojotirto Festival 2019 menjadi awal untuk potensi wisata di Kota Mojokerto dan mendongkrak kesejahteraan warga," kata Anwar.(*)

Pewarta: Willy Irawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019