Komisi Pemilihan Umum Kota Surabaya siap menyelesaikan distribusi logistik Pemilu 2019 berupa kota suara dan bilik suara ke-31 kecamatan di Kota Pahlawan, Jawa Timur, yang sudah dilakukan sejak Senin (11/3).

"Kami targetkan hari ini selesai," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya Nur Syamsi kepada Antara di Surabaya, Selasa.

Menurut dia, saat ini sebagian besar pihak Panitia Pemungutan Suara (PPK) tiap kecamatan sudah melakukan perakitan kotak suara. Ada sekitar 40.730 kotak suara dan 32.584 bilik suara yang didistribusikan ke 8.146 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 31 kecamatan. 
 
Nur Syamsi mengatakan dari 31 kecamatan yang ada, ada tiga kecamatan yang tempatnya tidak terlalu cukup untuk menampung logistik saat pemilu sehingga perlu meminjam gedung milik instansi lainnya. Adapun tiga kecamatan tersebut meliputi  Tambaksari, Wonokromo dan Sawahan.

"Kami sudah koordinasi dengan pemkot terkait hal ini. Sudah ada jalan kelaur yakni dipinjami tempat oleh pemkot," katanya.

Untuk alternatif tempat logistik di Kecamatan Tambakksari akan ditempatkan di Gelanggang Remaja, Sawahan ditempatkan di Wisma Barbara eks lokalisasi Dolly dan Wonokromo ditempatkan di Gelora Pancasila.

Adapun mengenai keamanan tempat logistisk,  lanjut dia, pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada pihak PPK dan kecamatan untuk berkoordinasi dengan kepolisian setempat.

"Untuk petugas keamanan tidak harus dari kepoliisian. Bisa saja dari linmas atau petugas PPK secara bergiliran," ujarnya. (*)

 

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019