Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep, Jawa Timur Abd Warist menyatakan, logistik pemilu untuk sembilan kecamatan di kepulauan Sumenep sudah siap didistribusikan dan semua kotak suara sudah dirangkai.

"Kami tinggal menunggu pendistribusian saja, karena semua jenis kebutuhan logistik ke kepulauan seperti kotak suara sudah selesai dirangkai, begitu juga dengan logistik lainnya," kata Warits di Sumenep, Sabtu.

Ia menjelaskan, khusus logistik pemilu yang hendak didistribusikan ke kepulauan, KPU membungkus kotak suara dengan plastik.

Tujuannya, agar kotak dan berbagai jenis logistik lainnya seperti kertas suara dan kertas rekapitulasi pemilu aman.

"Antisipasi terjelek yang kami lakukan. Khawatir cuaca buruk, ombak besar atau terkena air, jika dibungkus dengan plastik begini kan aman," kata Warits.

Mantan Sekretaris PCNU Sumenep ini lebih lanjut menjelaskan, di kepulauan ada sebanyak sembilan kecamatan yang akan menyelenggarakan pemilu pada 17 April 2019.

"Sesuai jadwal, distribusi khusus kepulauan ini lebih awal, yakni pada tanggal 1 April 2019 ini," katanya, menjelaskan.

Pemilu serentak di kabupaten paling timur Pulau Madura ini diikuti 872.764 pemilih, sesuai dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT).

Pelaksanaan pemungutan suara akan digelar di 4.315 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di 27 kecamatan di wilayah itu, sembilan diantaranya berada di kepulauan. ***2***

Pewarta: Abd Aziz

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019