Komando Daerah Militer V/Brawijaya menyiagakan 17 ribu personel prajurit TNI untuk melaksanakan pengamanan Pemilihan Umum Legislatif dan Pemilihan Presiden 2019 di wilayah Jawa Timur.

“Kodam dan jajarannya siap membantu Polri menjaga keamanan dan ketertiban saat Pemilu,” ujar Pangdam V/Brawijaya Mayor Jenderal TNI Wisnoe Prasetja Boedi ketika dikonfirmasi di Surabaya, Selasa.

Pihaknya menegaskan telah berkomitmen turut serta mengawal pesta demokrasi yang aman, tertib dan terkendali sehingga terwujud pemimpin negara dan wakil rakyat sesuai harapan masyarakat.

“TNI bersama Forkopimda dan rakyat akan menyukseskan jalannya Pemilu dan Pilpres 2019,” ucap mantan Wakil Gubernur Akademi Militer tersebut.

Sementara itu, pada beberapa kali kesempatan, orang nomor satu di jajaran TNI Angkatan Darat Jawa Timur tersebut menegaskan kenetralan prajurit pada Pemilu dan tak terlibat politik praktis dalam bentuk apapun.

“Berkali-kali sudah kami sampaikan bahwa TNI harus netral,” kata jenderal TNI dengan pangkat dua bintang di pundak tersebut.

Pemilihan umum serentak digelar 17 April 2019, yakni memilih anggota DPRD II, DPRD I, DPR RI, DPD serta presiden dan wakil presiden periode 2019-2024. ***2***

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Endang Sukarelawati


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019