Kediri (Antaranews Jatim) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kediri, Jawa Timur, mengungkapkan jumlah pemilih di Pemilu 2019 di Kota Kediri bertambah hingga 7.232 pemilih sehingga totalnya kini mencapai 208.873 pemilih.

"Ada tambahan tersebar di Lirboyo (Kelurahan Lirboyo) sebanyak 17 TPS (tempat pemungutan suara). Ini sesuai dengan jumlah santri di pondok pesantren ada 5 ribu lebih," kata Ketua KPU Kota Kediri Agus Rofik di Kediri, Senin.

Ia mengungkapkan, jumlah pemilih tambahan itu memang didominasi mereka yang santri. Di Kediri, terdapat beberapa pesantren dengan santri yang cukup besar. Selain Pesantren Lirboyo, juga terdapat Pesantren Wali Barokah Kediri, Pondok Pesantren Kedunglo, Pondok Pesantren Tahfidzul Quran Maunah Sari, dan sejumlah pesantren lainnya.

KPU Kota Kediri juga telah melakukan jemput bola untuk mendata para santri tersebut. Mereka yang sudah mempunyai hak pilih dan sudah terdata di daerahnya, akan mendapatkan surat untuk berhak memilih di TPS untuk pindah pilih di Pemilu 2019.

KPU, tambah dia, juga telah menambah jumlah TPS yang ada. Jika sebelumnya, terdapat 947 TPS dengan jumlah pemilih terdata hingga 201.850 pemilih, kini jumlah itu bertambah hingga 25 TPS yang tersebar di seluruh wilayah Kota Kediri. Saat ini, total jumlah TPS yang terdata adalah 972 TPS dengan jumlah pemilih hingga 208.873 orang. 

Terkait dengan teknis untuk petugas di TPS baru, Gus Rofik, sapaan akrabnya mengatakan KPU akan menempatkan petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) di lokasi yang baru tersebut. Dengan itu, warga yang berhak memilih tetap mendapatkan pelayanan untuk menyalurkan aspirasinya di Pemilu 2019.

"Untuk petugas KPPS, sesuai dengan jumlah tambahan. Se-Kota Kediri ada 25 TPS (baru), dan sama dengan TPS lainnya. Nanti pemilih juga memilih mulai jam 07.00 WIB, berbeda dengan yang DPK (daftar pemilih khusus), yang harus jam 12.00 WIB (mulai memberikan hak suaranya)," kata dia.

KPU Kota Kediri telah menetapkan rekapitulasi daftar pemilih tambahan (DPTb) Pemilu 2019. Dalam acara itu juga dihadiri perwakilan dari pasangan partai, kepolisian, dan tamu undangan lainnya. Kegiatan penetapan yang dilakukan di kantor KPU Kota Kediri itu juga berlangsung dengan lancar. (*)

 

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019