Surabaya (Antaranews Jatim) - Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Surabaya, Jamhadi menilai materi debat calon presiden (capres) dengan tema infrastruktur dan ekonomi yang disampaikan kedua capres pada Debat Putaran Kedua 2019 cukup bagus, dan membuka wawasan masyarakat.

"Alhamdulillah bagus apa yang jadi tema debat hari ini, seperti penjelasan Capres Petahana Jokowi terkait infrastruktut yang bisa meningkatkan kesejahteraan," kata Jamhadi, dikonfirmasi, Senin.  

Ia mengakui, keberadaan infrastruktur yang dibangun Jokowi mampu menghubungkan semua kabupaten/kota dan membuka jalur logistis, serta membuat lebih efisien.

"Infrastruktur untuk semua golongan, dan lebih manusiawi, sebab mampu meningkatkan produktivitas serta mensejahterakan masyarakat. Tinggal pilih saja, mau lewat tol atau tidak?," katanya. 

Ia mengatakan, sebelum adanya tol jalan umum pasti ada kemacetan yang membuat boros BBM, serta mengakibatkan pembiayaan mahal.    

Namun setelah ada tol, kata dia, seseorang bisa memilih mau naik tol atau tidak, dan efeknya jalan konvesional juga terjadi kelonggaran.    

"Adanya tol, angkat barang juga cepat sampai, jarak tempuh pendek, hemat BBM, hemat 'spare part', hemat oli dan lainnya," kata Jamhadi yang juga menjadi Tim Ahli Kadin Jatim.   

Oleh karena itu, Jamhadi mengaku bangga dengan kemajuan infrastruktur yang dirasakan saat ini, dan optimistis ke depan bisa semakin maju.   

Sementara itu, Debat capres putaran kedua diselenggarakan di Hotel Sultan, Jakarta Pusat, pada Minggu (17/2) malam, yang dimulai sejak pukul 20.00 WIB.         

Tema yang diangkat pada debat kedua tersebut adalah infrastruktur, energi dan pangan, serta sumber daya alam dan lingkungan. (*)

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019