Surabaya (Antaranews Jatim) - Tim Kampanye Daerah (TKD) untuk Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin di Jawa Timur meyakini debat calon presiden kedua mampu membuat pemilih mengambang (swing voters) mendukung pasangan 01 di Pemilihan Presiden 2019.

"Saya yakin, para 'swing voters' akan banyak mengarahkan pilihannya ke pasangan Jokowi-Ma'ruf usai menyaksikan debat kedua ini," ujar Ketua TKD Jatim, Machfud Arifin, di sela "nonton bareng" (nobar) bersama ratusan relawan dan pimpinan koalisi partai politik di Surabaya, Minggu malam.

Menurut dia, apa yang disampaikan Jokowi pada debat kali ini mampu menaikkan elektabilitas Jokowi-Ma'ruf karena sebagai petahana sudah mengerjakan segalanya sehingga debat menjadi ajang untuk menyampaikan program-programnya.

"Jokowi mampu mengurai persoalan dan juga jawaban secara lebih mendalam dibandingkan pesaingnya," ucap mantan Kapolda Jatim tersebut.

Pada kesempatan sama, pensiunan jenderal polisi bintang dua itu semakin optimistis target 70 persen menang di Jatim akan terwujud setelah ia melakukan safari politik, khususnya ke daerah-daerah yang pada Pemilihan Presiden 2014 mengalami kekalahan.

Daerah yang dikunjungi antara lain seluruh kabupaten di Madura yang diklaimnya perlahan tapi pasti sudah berbalik mendukung Jokowi dibandingkan Prabowo Subianto.

"Di Madura kami sudah menang, bahkan sudah deklarasi. Saat saya dan tim melakukan safari, terutama ke pondok pesantren-pondok pesantren, auranya ke 01," katanya.

Sisa waktu dua bulan ini, kata dia, akan semakin digunakan sebaik-baiknya dan tetap rutin ke berbagai daerah-daerah untuk mengampanyekan program-program yang telah dikerjakan Jokowi.

Sementara itu, TKD Jatim menggelar nobar yang diikuti sekitar 500 pendukung Jokowi-Ma'ruf terdiri dari relawan maupun koalisi partai politik, termasuk sejumlah artis calon anggota legislatif asal Partai NasDem, seperti Fivey Rachmawati, Tessa Kaunang, Krisna Mukti, Ferly Putra dan beberapa artis lainnya.

Debat kedua berlangsung di Hotel Sultan Jakarta dipandu oleh dua moderator yakni Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki.

Debat dengan tema energi, sumber daya alam, lingkungan hidup, pangan dan infrastruktur ini hanya akan diikuti dua calon presiden.

Pemilihan Presiden diselenggarakan pada 17 April 2019 dan diikuti dua pasangan calon, yaitu Jokowi-KH Ma'ruf Amin di nomor urut 01, kemudian Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di nomor urut 02. (*)

Video Oleh Fiqih Arfani
 

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019