Surabaya (Antaranews Jatim) -  Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Suhartono, M.Tr.Han memimpin upacara serah terima jabatan Komandan Pasmar 2 dari Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., kepada Brigjen TNI (Mar) Ipung Purwadi, M.M., yang sebelumnya menjabat sebagai Danlantamal X Jayapura di lapangan apel Kesatrian Marinir Sutedi Senaputra Karangpilang, Surabaya, Jumat.

Selain Danpasmar 2, dalam kesrmpatan itu juga dilaksanakan serah terima jabatan Dankolatmar dari Kolonel Marinir Sarjito kepada Kolonel Marinir Suliono, S.E., yang sebelumnya menjabat sebagai Komandan Brigif 2 Marinir. Sedangkan Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi, S.E., saat ini menjabat sebagai Wakil Gubernur AAL dan Kolonel Marinir Sarjito menjabat sebagai Komandan Kodikmar.

Dalam amanatnya Komandan Korps Marinir menyampaikan, bahwa serah terima jabatan di lingkungan Korps Marinir merupakan suatu tonggak regenerasi kepemimpinan sebagai wujud kesinambungan organisasi.

"Sekaligus bentuk kepercayaan yang diberikan oleh pemimpin kepada personel yang terpilih atas dedikasi, kapabilitas dan loyalitas selama berdinas di  Angkatan Laut," katanya melalui keterangan pers.

Pada hakikatnya, kata dia, jabatan adalah suatu kehormatan sekaligus amanah, oleh karenanya merupakan kewajiban bagi setiap pejabat untuk dapat menjaga kehormatan Korps Marinir dan keseimbangan antara otoritas serta tanggung jawabnya sebagai seorang komandan.

"Dengan serah terima jabatan ini, diharapkan dapat membawa semangat baru dalam lingkungan organisasi Pasmar 2 dan Kolatmar serta outcame yang dihasilkan akan berpengaruh positif terhadap peningkatan kualitas kinerja organisasi Pasmar 2 dan Kolatmar secara menyeluruh," katanya.

Ia menjelaskan, Pasmar 2 adalah salah satu Komando pelaksana utama Korps Marinir, yang memiliki kedudukan dalam membina kekuatan, kesiapan operasional satuan Marinir sebagai pasukan pendarat amfibi TNI Angkatan Laut (Pasrat) dalam rangka proyeksi kekuatan lewat laut.

"Operasi pertahanan pantai di pulau-pulau strategis, serta operasi tempur lainnya yang memiliki wilayah utama operasi di kawasan tengah Indonesia, namun selalu siap dan mampu diproyeksikan keseluruh wilayah NKRI dalam rangka menjaga kedaulatan negara dan bangsa," katanya .

Demikian pula halnya dengan Kolatmar, kata dia, sebagai salah satu komando pelaksana Korps Marinir memiliki tugas, fungsi dan peran yang sangat strategis dalam menyiapkan dan meningkatkan profesionalisme, militansi prajurit Korps Marinir sampai dengan siap operasi.

Di akhir amanatnya, Komandan Korps Marinir memerintahkan kepada seluruh prajurit Parmar 2 dan Kolatmar agar memberikan dukungan sepenuhnya kepada Brigjen TNI (Mar) Ipung Purwadi, M.M., sebagai Komandan Pasmar 2 dan Kolonel Marinir Suliono, S.E. sebagai Komandan Kolatmar yang baru, sehingga segala beban tugas dan tanggung jawabnya dapat terlaksana.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019