Jember, (Antaranews Jatim) - Tim SAR gabungan menemukan jenazah korban Nahrowi (35) yang hanyut di Sungai Sadengan, Kabupaten Jember, Jawa Timur, pada Rabu atau lima hari pencarian setelah korban hanyut saat mandi di sungai setempat pada Sabtu (9/2).

 "Penemuan itu berdasarkan informasi warga yang melihat sesosok mayat yang mengapung di Sungai Besini, Kecamatan Puger yang lokasinya sekitar 2 kilometer (km) dari lokasi hanyutnya korban," kata Komandan Tim Operasi SAR Jefri dari Basarnas Pos SAR Jember saat dihubungi di Jember.

Setelah mendapat informasi, lanjut dia, Tim SAR gabungan langsung menuju ke lokasi dan mengevakuasi korban untuk memastikan bahwa jenazah yang mengapung tersebut adalah Nahrowi, warga Desa Kasiyan Timur, Kecamatan Puger yang hanyut di Sungai Sadengan.

"Kami mengevakuasi jenazah korban dan membawanya ke Puskesmas Puger untuk proses identifikasi dan pihak keluarga memastikan bahwa jenazah tersebut adalah Nahrowi, sehingga operasi SAR pencarian resmi dinyatakan ditutup pada pukul 13.00 WIB," katanya.

Ia menjelaskan tim SAR gabungan awalnya melakukan pencarian ke muara sungai hingga ke Pulau Nusa Barong karena sudah memasuki hari kelima pencarian, sehingga diprediksi korban terbawa arus sungai ke laut.

"Tim SAR menggunakan perahu karet dalam melakukan penyisiran untuk mencari korban yang hanyut terseret arus Sungai Sadengan, namun akhirnya korban berhasil ditemukan sekitar 2 kilometer dari tempat kejadian musibah," ujarnya.

Selama sepekan terakhir, tim SAR gabungan yang dkomando Basarnas Jember melakukan pencarian satu korban yang terseret ombak Pantai Payangan Jember dan satu korban yang hanyut di Sungai Sadengan, kedua korban berhasil ditemukan dalam keadaan meninggal dunia.

Empat wisatawan asal Kabupaten Jombang, Jawa Timur terseret ombak saat berwisata di Pantai Payangan Kabupaten Jember pada Minggu (10/2), namun tim SAR Rimba laut bersama nelayan setempat berhasil menyelamatkan satu korban yang masih hidup dan dua korban dalam keadaan meninggal dunia, serta satu korban dinyatakan hilang.

Dua korban yang meninggal adalah  Zakiya Nurwaningsih (34) dan Yuda Mahadika (30), sedangkan korban yang selamat yakni Yanik Susanti (36) dan korban yang dinyatakan hilang Ahmad Hasanudin yang ditemukan dalam keadaan meninggal dunia pada Selasa (12/2).(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019