Mojokerto (Antaranews Jatim) - Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari dan Wakil Wali Kota Achmad Rizal Zakariya, Selasa, menerima kunjungan Afifah Khoirun Nisa, siswa kelas IX SMAN 2 Kota Mojokerto, yang akan mengikuti Model United Nations Conference (MUN) di Bangkok, Thailand, pekan depan.

Afifah datang didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kota Mojokerto Mariyono, Kepala SMAN 2 Suyono dan Heri Susanto, guru Bahasa Inggris SMAN 2 Mojokerto yang melatih Afifah.

Heri Susanto menjelaskan, MUN adalah sebuah acara simposium internasional khusus untuk siswa SMA dan mahasiswa/mahasiswi perguruan tinggi dari seluruh dunia.

"Afifah adalah salah satu dari tujuh perwakilan Indonesia yang akan ke Thailand dan satu-satunya wakil dari Provinsi Jawa Timur," jelasnya.

Menurut Heri, Afifah terpilih mewakili Indonesia setelah mengirimkan essay writing terkait masalah politik, pendidikan dan sebagainya, sebagaimana yang ditentukan panitia penyelengga.

"MUN akan melatih siswa untuk berkomunikasi dan critical thinking (berpikir kritis) sebagai remaja untuk menyampaikan gagasan pikiran, di samping juga untuk melatih bahasa, kemampuan berkomunikasi dan budaya," tambahnya.

Afifah berharap keikutsertaannya di ajang MUN bisa menambah pengalaman, wawasan dan teman dari seluruh dunia. "Saya juga berharap bisa belajar lebih banyak dalam kegiatan ini," ucap anak dari pasangan Erdin Kamarudin dan Madya Rina Dewi yang tinggal di Jalan Prajurit Kulon Gang 6 Kota Mojokerto ini.

Sementara itu, Wali Kota Mojokerto Ita Puspitasari merasa bangga atas prestasi yang ditorehkan warganya dengan berkiprah di ajang Internasional. "Saya bangga, tentunya pengalaman Afifah harus juga ditularkan untuk teman-temannya," seru pesan Ning Ita, sapaan akrab Wali Kota Mojokerto.

Ning Ita juga menitipkan pesan agar Afifah dapat mempromosikan Kota Mojokerto kepada peserta MUN yang datang dari berbagai negara dunia agar berkunjung di kota tercintanya. "Perkenalkan bahwa Kota Mojokerto bagian dari kerajaan terbesar, yaitu Mojopahit, yang sudah cukup dikenal," katanya. (*) 

Pewarta: Didik Kusbiantoro

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019