Kota Batu (Antaranews Jatim) - Pemerintah Kota Batu tengah melakukan penjajakan kerja sama dengan Pemerintah Kota Fukushima, Jepang, pada sektor pertanian dan pariwisata, guna meningkatkan roda perekonomian di wilayah Kota Batu.

Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso mengatakan bahwa, karakteristik antara Kota Batu dan Kota Fukushima yang serupa, menjadi landasan awal untuk penjajakan kerja sama antar dua negara tersebut. Pihak Jepang telah mengundang pihak Pemerintah Kota Batu untuk berkunjung ke Fukushima, Jepang.

"Beberapa waktu lalu, Pemerintah Kota Batu, diundang pihak pemerintah, pengusaha, dan universitas di sana. Mereka tertarik untuk melakukan kerja sama," kata Punjul, di Balai Kota Among Tani, Kota Batu, Jawa Timur, Senin.

Pada saat kunjungan Pemerintah Kota Batu ke Fukushima tersebut, pihak Jepang telah memfasilitasi pertemuan antara pelaku usaha dengan perwakilan yang ada. Para pengusaha asal Jepang menyatakan tertarik untuk melakukan kerja sama, setidaknya pada sektor pertanian dan pariwisata.

Punjul mengatakan, kondisi geografis, udara, termasuk kultur tanah di Kota Fukushima terbilang sama dengan yang ada di Desa Sumberbrantas, Kota Batu. Dalam pengembangan kerja sama khususnya di bidang pertanian, kondisi tersebut akan memberikan keuntungan tersendiri.

"Tidak hanya satu perusahaan, ada beberapa, mulai dari sektor pertanian, dan pariwisata. Mereka menyatakan tertarik, nantinya akan ada penjajakan lebih lanjut," kata Punjul.

Pihak Jepang juga sudah melakukan kunjungan ke Kota Batu, dan menyatakan bahwa kerja sama tersebut dalam upaya untuk meningkatkan kesejahteraan petani di Kota Batu. Rencananya, kerja sama tersebut akan berlangsung selama 10 tahun.

Rencananya, pihak Pemerintah Kota Batu bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Batu akan melakukan kunjungan balasan ke Fukushima, Jepang, untuk melakukan pembicaraan lebih lanjut. Rencananya, pembicaraan itu akan mengarah pada kerja sama yang lebih spesifik serta menggali potensi lain yang bisa dikerjasamakan.

"Kami akan membuka potensi mana saja yang bisa dikerjasamakan antar dua kota tersebut," tutup Punjul.(*)

 

Pewarta: Vicki Febrianto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019