Situbondo (Antaranews Jatim) - Ratusan warga binaan (narapidana) Rumah Tahanan Kelas II-B Situbondo, Jawa Timur, Jumat, mendeklarasikan dukungannya untuk pelaksanaan Pemilu 2019 berjalan aman dan damai.

"Kegiatan ini merupakan wujud sinergitas TNI/Polri dan Rutan dalam rangka menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif guna mendukung pelaksanaan tahapan Pileg dan Pilpres 2019," kata Kapolres Situbondo, AKBP Awan Hariono usai acara Deklarasi Damai Pemilu 2019 di Aula Baharuddin Rumah Tahanan Kelas II-B Situbondo.

Ia mengatakan, kegiatan Deklarasi Damai Pemilu 2019 warga binaan merupakan sinergitas Polres Situbondo dan Kodim 0823/Situbondo serta Rutan Situbondo, untuk mewujudkan Situbondo aman dan kondusif.

Karena warga binaan juga memiliki hak pilih dalam pelaksanaan Pemilu 2019, katanya, perlu adanya sosialisasi menjaga keamanan dan ketertiban pada Pileg dan Pilpres yang dilaksanakan 17 April 2019.

"Kami mengajak seluruh warga binaan untuk mendukung pelaksanaan Pemilu 2019 yang aman damai dan sejuk dengan ikut berpartisipasi dalam pesta demokrasi. Meski berbeda pilihan hendaknya bisa disikapi dengan bijak dan tetap menjaga kerukunan," tuturnya.

Sementara Kepala Rutan Kelas II-B Situbondo, Alif Purnomo menyampaikan apresiasi kegiatan Deklarasi Pemilu 2019 Damai yang diinisiasi Polres Situbondo serta TNI.

"Harapannya dengan kegiatan ini nantinya warga binaan dapat menyalurkan hak pilihnya pileg dan pilpres berjalan aman dan damai," ujarnya, berharap.

Ia menambahkan, untuk antisipasi terjadinya kerusuhan warga binaan seperti di daerah lain, pihak Rutan akan terus bersinergi dengan TNI/Polri.

Dalam pantauan, ratusan narapidana bersama-sama mendeklarasikan mendukung pemilu damai dan selanjutnya Kapolres Situbondo dan Dandim 0823/Situbondo menghibur warga binaan di aula Rutan. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019