Beijing (Antaranews Jatim) - Pemerintah China akan meningkatkan kerja sama dengan anggota Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) untuk penanggulangan bencana.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Hua Chunying menyampaikan hal itu di Beijing, Kamis (27/12), sebagai bentuk keprihatinan atas terjadinya tsunami di beberapa wilayah di Indonesia yang menyebabkan jatuhnya korban jiwa dan meluluhlantakkan rumah warga serta bangunan lain.

Kerja sama itu untuk meningkatkan kemampuan dalam menanggulangi terjadinya bencana dan mengurangi dampak bencana, demikian juru bicara perempuan itu.

"China dan ASEAN sedang membicarakan penandatanganan MoU dalam penanggulangan bencana," kata Hua.

Ia menambahkan bahwa akan ada pembahasan mengenai sistem pemantauan dan peringatan dini gempa bumi dan tsunami dalam pertemuan tahunan antara China dan Pusat Bantuan Kemanusiaan ASEAN (AHA).

Berdasarkan kerangka kerja Forum Regional ASEAN (ARF), jelas dia, China dan ASEAN bersama-sama menggelar berbagai seminar mengenai bencana maritim, gempa bumi, dan perubahan iklim.

China bersedia membagikan pengalaman, konsep, dan teknologi penanganan pascabencana kepada negara-negara di kawasan untuk meningkatkan kapasitas penanggulangan bencana, kata Hua.(*)

Pewarta: M. Irfan Ilmie

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018