Situbondo (Antaranews Jatim) - Polres Situbondo, Jawa Timur, menerjunkan ratusan personel dalam pelaksanaan Operasi Lilin Semeru 2018 untuk pengamanan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

"Optimalisasi kegiatan pengamanan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 ini guna menciptakan situasi kamtibmas serta keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas dengan melibatkan sekitar 660 personel gabungan," ujar Kapolres Situbondo AKBP Awan Hariono usai Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Semeru 2018 di Situbondo, Jumat Sore.

Ia menyebutkan, dari 660 personel gabungan itu, sebanyak 300 personel dari Polres Situbondo, 100 personel Kodim 0823/Situbondo dan sisanya dari Satpol PP, Dinas Perhubungan, Damkar, Senkom, Banser, dan Saka Bhayangkara.

Ratusan personel gabungan tersebut bertugas mengamankan semua kegiatan perayaan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019, termasuk pengamanan tempat wisata, tempat ibadah dan lalu lintas sepanjang jalur pantai utara (pantura) di Situbondo serta pusat keramaian lainnya.

"Operasi Lilin Semeru 2018 akan dilaksanakan selama 12 hari, mulai 21 Desember 2018 hingga 1 Januari 2019," katanya.

Kapolres mengatakan, institusinya juga telah menyiapkan empat pos pengamanan dan satu pos pelayanan yang berlokasi di sepanjang jalur pantura Situbondo.

"Pos pelayanan di Kecamatan Banyugulugur dan pos pengamanan di wisata bahari Pasir Putih, seputaran perkotaan dan Kecamatan Asembagus, dan pos pengamanan di hutan Baluran, Kecamatan Banyuputih," katanya.

Ia mengimbau seluruh anggotanya yang bertugas di lapangan mengedepankan sikap humanis dan melayani, serta profesional dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat.

"Melibatkan ormas dalam pengamanan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 ini sebagai bentuk sinergi dan kebersamaan," tuturnya.

Usai Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2018 juga dilaksanakan pemusnahan ribuan botol minuman keras berbagai merek dari hasil Operasi Cipta Kondisi selama enam bulan terakhir di wilayah Situbondo. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018