Surabaya (Antaranews Jatim) - PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) menyalurkan dana kemitraan tahap III/2018 sebesar Rp1,190 miliar kepada 25 mitra binaan atau Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di wilayah Jawa Timur, sebagai komitmen nyata untuk turut aktif mengembangkan kemampuan usaha kecil agar lebih mandiri.
     
CEO Pelindo III Regional Jawa Timur, Onny Djayus di Surabaya, Selasa mengatakan bantuan ini diharapkan bisa mendorong pertumbuhan ekonomi daerah sehingga tercipta nuansa pemerataan pembangunan dan peningkatan lapangan pekerjaan.
     
"Dalam program ini, setiap UKM akan mendapatkan perhatian dalam akses permodalan, akses informasi dan teknologi, maupun akses pasar untuk mengembangkan usahanya," kata Onny, dalam keterangan persnya.
     
Ia mengatakan, mitra binaan yang mendapatkan dana kemitraan terdiri dari beberapa bidang usaha, meliputi perdagangan, perindustrian, peternakan, hingga jasa. 
     
"Semua mitra binaan tersebut tersebar di kota Surabaya, Sidoarjo, Pasuruan, Nganjuk, Malang, Blitar, Bangkalan, Sumenep, Jombang, dan Gresik," katanya.
     
Onny berharap, tahun 2019 bisa kembali menyalurkan dana kemitraan dan meningkatkan nilainya, agar dapat membantu para pengusaha kecil dan menengah untuk mampu lebih mandiri secala finansial dan membantu peningkatan ekonomi daerah masing-masing.
     
Sementara itu, selama tahun 2018 Pelindo III telah menggelontorkan dana kemitraan total Rp3,7 miliar dalam 3 tahap untuk 87 mitra baru di wilayah Jawa Timur, yang terdiri dari tahap ke-1 sebanyak 42 mitra binaan dengan nilai Rp 1,7 Miliar, dan tahap ke-2 sebanyak 20 mitra binaan dengan nilai Rp877 Juta. 
     
Hingga kini, total tercatat sebanyak 540 mitra binaan yang aktif tersebar diseluruh Jawa Timur. (*)
 

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018