Malang (Antaranews Jatim) - Wilayah Sendangbiru, di Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, merupakan salah satu destinasi favorit bagi masyarakat Jawa Timur, khususnya Malang Raya, yang hobi memancing.

Salah satu penggiat hobi mancing dari Kota Malang, Yosep Gunawan, kepada Antara mengatakan bahwa dirinya bersama tiga orang rekannya selalu menyempatkan diri untuk memancing di perairan Sendangbiru, Desa Tambakrejo, Kabupaten Malang.

"Sendangbiru masih menjadi spot favorit, banyak penghobi yang datang dari Malang Raya untuk memancing di sini," kata Yosep, di Sendangbiru, Kabupaten Malang, Sabtu.

Yosep menambahkan, dirinya bersama para penghobi mancing di Kota Malang, biasanya mengunjungi wilayah Sendangbiru, Kabupaten Malang, satu minggu sekali pada saat akhir pekan. Bagi para penghobi tersebut, memancing ikan di laut merupakan pengalaman tersendiri.

Biasanya, para penggiat hobi mancing tersebut akan datang di perairan Sendangbiru pada Jumat malam. Kemudian, mereka biasanya bersama nelayan lokal menuju ke perairan selat Sempu, yang terletak diantara Pulau Sempu dengan Pulau Jawa.

Mereka membayar para nelayan tersebut untuk mengantarkan ke tengah perairan sebesar Rp120.000 per grup.

Para penggiat hobi mancing itu akan menumpang di kapal berukuran besar dan berlabuh di tengah perairan tersebut. Hasil tangkapan di perairan antara Pulau Jawa dan Pulau Sempu itu, biasanya berupa ikan kuwe gerong atau yang biasa disebut giant trevally (GT).

Teknik yang dipergunakan dalam memancing di tengah laut tersebut adalah "casting" atau dengan menarik dan menggerak-gerakkan umpan di dalam air, yang akan menarik perhatian ikan tangkapan karena pergerakan umpan tersebut seperti ikan kecil di air.

"Kami bisa menghabiskan waktu semalaman di laut, kemudian kembali ke Sendangbiru," kata Yosep.

Pantai Sendangbiru terletak di pesisir selatan di tepi Samudera Hindia. Dari pusat Kota Malang, jaraknya kurang lebih mencapai 67 kilometer, dengan waktu tempuh kurang lebih 2,5 jam. Meskipun jarak tersebut cukup jauh, namun bagi para penggiat hobi mancing, hal itu bukan menjadi masalah.(*)

Pewarta: Vicki Febrianto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018