Jember (Antaranews Jatim) - Peserta tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) Kabupaten Situbondo, Bondowoso, dan Blitar mengawali tes seleksi kompetensi bidang (SKB) yang dilaksanakan di Gedung Serbaguna Kompleks GOR Kaliwates, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Sabtu.
     
Tes SKB CPNS yang digelar di Kabupaten Jember pada hari pertama tersebut dilaksanakan sebanyak lima sesi yakni sesi 1 pukul 08.00-10.00 WIB, kemudian sesi 2 pada pukul 10.00-12.00 WIB, sesi 3 pukul 12.00-14.00 WIB, sesi 4 pukul 14.00-16.00 WIB dan sesi 5 yang merupakan sesi terakhir pada pukul 16.00-18.00 WIB.
     
"Peserta CPNS Kabupaten Situbondo mengikuti tes SKB pada sesi 2 yakni pukul 10.00-12.00 WIB karena memang sesi 1 kosong dan alhamdulillah pelaksanaan tes SKB hari ini berjalan lancar, tidak seperti pada pelaksanaan tes SKD beberapa waktu lalu yang molor," kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Situbondo Ahmad Yulianto di Gedung Serbaguna Kabupaten Jember.
     
Jumlah peserta tes SKB CPNS Pemkab Situbondo sebanyak 341 orang dan sebanyak 158 peserta di antaranya lolos "passing grade" sesuai ketentuan dan sisanya merupakan peserta hasil pemeringkatan tes seleksi kemampuan dasar (SKD), sehingga mereka diberikan kesempatan untuk mengikuti tes SKB.
     
"Jumlah komputer yang ada sebanyak 310 unit, sehingga peserta CPNS Pemkab Situbondo mengikuti sesi 2 dan sesi 3. Untuk sesi 3 merupakan gabungan peserta CPNS Situbondo dengan peserta CPNS dari Kabupaten Bondowoso," tuturnya.
     
Dari total 341 peserta tes SKB CPNS Pemkab Situbondo, lanjut dia, terdapat empat orang yang tidak hadir tanpa keterangan, padahal BKD Situbondo sudah mengumumkan melalui media cetak dan elektronik, serta di grup peserta terkait dengan pelaksanaan tes SKB yang digelar di Kabupaten Jember pada 8 Desember 2018.
     
"Formasi CPNS Kabupaten Situbondo tahun 2018 sebanyak 227 formasi, namun ada dua formasi yang tidak ada pendaftarnya sejak awal yakni dokter spesialis dan dokter umum, sehingga secara otomatis dua formasi tersebut akan tetap kosong," katanya.
     
Setelah peserta CPNS Kabupaten Situbondo melaksanakan tes SKB di Gedung Serbaguna Kompleks GOR Kaliwates, maka selanjutnya peserta CPNS Kabupaten Bondowoso dengan jumlah peserta 335 orang dan peserta CPNS Kabupaten Blitar sebanyak 840 orang yang mengikuti tes SKB.
     
Sementara Sekretaris Kabupaten Jember Mirfano mengatakan sebanyak 11 daerah yang akan mengikuti tes SKB di Kabupaten Jember yakni Kabupaten Situbondo, Bondowoso, Blitar, Kota Probolinggo, Kota Batu, Kota Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Kota Blitar, Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kabupaten Jember.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018