Surabaya (Antaranews Jatim) - Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) Soekarwo berbagi strategi meningkatkan perdagangan antardaerah yang dilaksanakan di Jawa Timur selama ini.

"Strategi harus tepat dan inovatif, sebab perdagangan antardaerah di Jatim meningkat 133,55 persen dalam kurun waktu lima tahun terakhir," ujarnya dalam siaran pers yang diterima Antara di Surabaya, Kamis malam.

Gubernur Jatim itu menyampaikan strateginya di hadapan para Gubernur se-Indonesia saat memimpin Rapat Kerja APPSI di Hotel Borobudur Jakarta.

Selain itu, neraca perdagangan antardaerah Jatim juga mengalami surplus sebesar Rp164,49 triliun pada 2017, serta surplus Rp101,15 triliun pada semester I tahun 2018.

Menurut dia, Indonesia adalah negara kepulauan sehingga strategi perdagangan yang dilakukan adalah memperkuat pasar domestik dengan model ekonomi negara kepulauan.

Pakde Karwo, sapaan akrabnya, menjelaskan bahwa implementasi dari strategi tersebut di antaranya adalah membangun Kantor Perwakilan Dagang (KPD) di 26 provinsi di Indonesia.

Strategi berikutnya, kata dia, melalui kerja sama dengan KADIN dan "Cooperative Trading House" untuk memfasilitasi misi dagang ke seluruh Indonesia.

"Strategi berikutnya melakukan optimalisasi Sistem Informasi Perdagangan Antar Provinsi (SIPAP)," ucap orang nomor satu di Pemprov Jatim tersebut.

Tak itu saja, strategi berikutnya adalah memperkuat ekonomi digital menyambut revolusi industri 4.0, yang satu langkahnya dengan menghadirkan "digital economy smart system", seperti "e-raw material" untuk memperkuat "smart industry".

Gubernur Jatim dua periode itu mengatakan Pemprov Jatim akan terus memperkuat pemasaran digital bersama bukalapak.

"Saat ini sudah ada 1.294 IKM yang menjadi proyek percontohan bersama bukalapak. Kami menargetkan ada 270 ribu IKM yang menyusul bergabung. Potensi ekonomi digital ini sangat besar, sebab jumlah UMKM di Jatim mencapai 12,1 juta," katanya. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018