Madiun (Antaranews Jatim) - Manajer Humas PT KAI (Persero) Daop 7 Madiun Ixfan Hendri Wintoko menyatakan terdapat 52 perjalanan kereta api (KA) yang melintasi Stasiun Madiun selama masa angkutan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 (Nataru) mulai 20 Desember 2018 hingga 6 Januari 2019.

"Sebanyak 52 perjalanan KA tersebut terinci, kereta penumpang reguler sebanyak 42 KA dan kereta penumpang tambahan sebanyak 10 KA," ujar Ixfan di Madiun, Senin.

Menurut dia, jumlah perjalanan kereta api tersebut meningkat dari kondisi normal, seiring bertambahnya jumlah penumpang yang menggunakan moda transportasi KA untuk angkutan liburan Natal 2018 dan tahun baru 2019.

Peningkatan perjalanan KA tersebut, karena terdapat 10 KA tambahan yang melintasi Stasiun Madiun.

Sepuluh kereta tambahan itu meliputi KA Gajayana jurusan Gambir-Malang dan sebaliknya, KA Sancaka jurusan Yogyakarta-Surabaya Gubeng dan sebaliknya, KA Brantas jurusan Pasar Senen-Blitar dan sebaliknya, KA Pasundan relasi Kiaracondong-Surabaya Gubeng dan sebaliknya, KA Matarmaja jurusan Pasar Senen-Malang dan sebaliknya.

Adapun, pengoperasian KA tambahan tersebut untuk mengakomodasi lonjakan penumpang yang terjadi selama masa angkutan Natal dan tahun baru berlangsung.

Ixfan memperkirakan selama masa angkutan Natal dan tahun baru akan terjadi peningkataan volume penumpang sekitar 4 persen atau 269.650 orang lebih banyak dibandingkan periode sama 2017 sebanyak 259.675.

Agar terwujud pelayanan prima, selama masa angkutan Natal dan tahun baru, seluruh pegawai KAI akan dimaksimalkan untuk membantu kelancaran pelayanan di stasiun-stasiun dan tidak diperkenankan mengambil cuti tahunan.

Pihaknya berharap masa angkutan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 dapat berjalan lancar dan aman. (*)

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018